Peluang Lulus SMMPTN Lebih Besar

Peluang Lulus SMMPTN Lebih Besar
Peluang Lulus SMMPTN Lebih Besar

jpnn.com - PALU – Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tadulako (Untad) Dr Darsikin MSi mengungkapkan jumlah calon mahasiswa yang akan diterima di Untad, melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN), dimungkinkan akan lebih dari jumlah kuota minimal SMMPTN. Yakni sebanyak 20 persen dari jumlah penerimaan di Untad.

“Kita sesuaikan dengan kekurangan yang ada. Jumlah calon mahasiswa yang akan diterima itu semuanya sebanyak 5.230 orang. Pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dari 2.000 calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, tidak sampai 50 persen yang melakukan pendaftaran ulang. Kita belum tahu pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jadi kekurangan kuota dari kedua jalur itu kita akan tutupi pada jalur SMMPTN. Itu berarti kemungkinan lulus melalui jalur SMMPTN menjadi lebih besar,” kata Darsikin seperti yang dilansir Radar Sulteng (Grup JPNN.com), Minggu (20/7).

Sementara itu, lanjut Darsikin, proses pendaftaran ulang calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SBMPTN masih sedang berlangsung dan berakhir bersamaan dengan pelaksanaan ujian bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SMMPTN.

“Yang dinyatakan lulus melalui jalur SBMPTN sebanyak 2.073 orang. Kita belum tahu berapa jumlah mendaftar ulang. Kalau kurang dari jumlah itu, kembali kita tutupi melalui jalur SMMPTN,” lanjut Darsikin.

Pelaksanaan ujian tulis jalur SMMPTN akan dilangsungkan pada Selasa (22/5) mendatang. Sedangkan hasil SMMPTN akan diumumkan pada bulan Agustus mendatang. Meskipun pendaftaran masuk Untad melalui jalur ini sudah tertutup untuk 5 prodi, antusias calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi terbesar di Sulteng ini tetap besar.

Jadwal pendaftaran masuk Untad melalui jalur ini seharusnya sudah ditutup sejak Jumat (18/7). Namun banyaknya calon mahasiswa yang ingin mendaftar dan belum sempat terlayani akhirnya waktu pendaftaran diperpanjang 2 hari.

Pantauan Radar Sulteng, Sabtu (19/7), jumlah calon mahasiswa yang akan melakukan pendaftaran masih memadati 2 gedung yang ada di media center. Masih sekitar seribuan orang mengantre dan rela berdesak-desakan demi memanfaatkan kesempatan terakhir masuk Untad.

Darsikin mengatakan perpanjangan waktu tersebut hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang sudah membayar uang pendaftaran di bank. “Jadi batas waktu pembayaran uang pendaftaran tetap ditutup kemarin (Jumat, red). Dan penambahan waktu pendaftaran ini hanya untuk yang sudah melakukan pembayaran,” tambahnya. (dnj)


PALU – Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tadulako (Untad) Dr Darsikin MSi mengungkapkan jumlah calon mahasiswa yang akan diterima


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News