SBY Sesalkan Warga Ukraina Tak Kooperatif Soal Pencarian Jenazah

SBY Sesalkan Warga Ukraina Tak Kooperatif Soal Pencarian Jenazah
SBY Sesalkan Warga Ukraina Tak Kooperatif Soal Pencarian Jenazah

jpnn.com - JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung langkah sejumlah negara yang tergabung dalam komisi investigasi bentukan pemerintah Ukraina untuk menelusuri jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17.

Namun, presiden mengaku sangat menyesalkan langkah sebagian warga Ukraina di bagian Timur yang dianggap menghalangi penelusuran dan pencarian jenazah penumpang pesawat itu.

"Saya terus terang sayangkan sikap dari masyarakat lokal di bagian timur Ukraina, yang oleh banyak kalangan dan sumber resmi internasional dinyatakan tidak kooperatif, menghalangi, mempersulit pencarian jenazah untuk penyelidikan di lapangan," ujar Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (21/7).

Presiden menganggap para warga tersebut tidak berperikemanusiaan karena menghalangi pencarian jenazah. Indonesia, tegasnya, tidak ikut dalam perpolitikan internasional, tetapi dalam hal kemanusiaan ia memastikan Indonesia selalu bersikap kooperatif.

"Indonesia sangat menyesalkan dan itu sikap yang tidak baik. Mereka ini korban tidak berdosa, kenapa tidak ada rasa kemanusiaan. Mestinya mereka yang ada di tempat itu kooperatif dengan negara yang warganya jadi korban," keluh SBY.

Ia berharap semua pihak mengupayakan agar masyarakat lokal di Ukraina membuka akses untuk membantu jalannya investigasi komisi investigasi pemerintah setempat.

"Sedih kalau mereka sudah jadi korban, sanak keluarganya juga sulit dapatkan kembali jenazah maupun benda-benda yang itu bisa jadi kenangan seumur hidup," tandas Presiden. (flo/jpnn)


JAKARTA--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung langkah sejumlah negara yang tergabung dalam komisi investigasi bentukan pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News