Fundametal Ekonomi Dukung Penguatan Rupiah

Fundametal Ekonomi Dukung Penguatan Rupiah
Foto : Muhamad Ali/JAWA POS
SURABAYA - Fundamental ekonomi Indonesia yang bagus mendukung rupiah untuk terus menguat terhadap Dollar Amerika Serikat (AS). Hal itu dikatakan Brand Development Director PT Asia Kapitalindo Komoditi Berjangka Margo Handoyo kepada Jawa Pos, Selasa (6/1).

’’Salah satu indikasinya pengumuman dari BPS jika telah terjadi deflasi tipis secara nasional pada Desember 2008 lalu 0,04 persen,’’ terang Margo. Margo mengungkapkan salah satu conoh sederhana sektor pariwisata dan perdagangan retail masih sangat bagus dan berkembang pada liburan Natal dan tahun baru lalu. ’’Menguatnya indeks harga saham gabungan (IHSG) misalnya pada hari pertama perdagangan 81,930 poin (6,04 persen) dan ditutup 1.437,338 juga menjadi sentimen positif untuk terus mendukung perbaikan perekonomian nasional,’’ tambahnya.

Selain itu, juga masih ada beberapa kebijakan yang menurut Margo bisa berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah rencana pemberian stimulus fiskal bagi dunia usaha senilai Rp 50 triliun. ’’Banyaknya dukungan terhadap sektor riil diharapkan bisa menambah peran mereka dalam pertumbuhan ekonomi ke depan. Dampaknya diharapkan akan mampu meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat,’’ imbuhnya.

’’Rencana penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) kembali juga mulai direspon positif masyarakata dan dunia usaha. Semoga hal itu benar-benar direalisir,’’ ucapnya. Gelat kampanye politik menjelang pemilu, lanjut Margo, juga membuat uang beredar lebih banyak di masyarakat. ’’Hal itu membuat sektor sektor riil makin bergairah. Inilah yang seharusnya mampu dimanfaatkan perbankan untuk kembali menyalurkan kreditnya kepada sektor yang menerima banyak keuntungan saat ini,’’ ungkapnya.

SURABAYA - Fundamental ekonomi Indonesia yang bagus mendukung rupiah untuk terus menguat terhadap Dollar Amerika Serikat (AS). Hal itu dikatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News