Kuba Buka Akses ke Museum Hemingway

Kuba Buka Akses ke Museum Hemingway
Seorang wisatawan tengah mengunjungi sebuah ruangan di rumah Ernest Hemingway di Finca Vigia, Havana, Cuba. Foto : REUTERS
HAVANA – Karya-karya besar sastrawan Amerika Serikat (AS) Ernest Hemingway bisa dinikmati masyarakat Kuba. Ini setelah dibukanya museum sang penulis plus akses elektronik terhadap ribuan dokumennya kemarin (6/1). Negeri Fidel Castro itu pernah menjadi tempat tinggal Hemingway selama 20 tahun.

Arsip berharga yang bisa diakses luas itu tidak hanya menampilkan tulisan-tulisan sastrawan sekaligus jurnalis AS tersebut. Sejumlah foto dan manuskrip Hemingway juga ditampilkan. Termasuk, sebuah dokumen yang disebut-sebut sebagai epilog novel tenarnya, For Whom the Bell Tolls. Selama beberapa dekade, dokumen berharga itu tersimpan di langit-langit rumah Hemingway di Kuba.

”Yang kita bahas di sini adalah 3.194 lembar dokumen. Sebanyak 2000an diantaranya sudah diubah dalam format digital,” ujar Ada Rosa Alfonso Rosales, direktur Museo Ernest Hemingway di Havana, seperti dilansir Reuters. Sisanya, akan segera diubah ke format digital dan ditambahkan ke arsip.

Untuk Sementara, format digital karya-karya Hemingway baru bisa dinikmati para pelajar dan peneliti. Mereka bisa meminta salinan dokumen elektronik itu lewat Heritage Council Kuba. Namun, dalam waktu dekat, masyarakat luas juga akan bisa menikmatinya.

HAVANA – Karya-karya besar sastrawan Amerika Serikat (AS) Ernest Hemingway bisa dinikmati masyarakat Kuba. Ini setelah dibukanya museum sang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News