Pengawasan Internal Lemah, Korupsi Makin Tinggi

Pengawasan Internal Lemah, Korupsi Makin Tinggi
Pengawasan Internal Lemah, Korupsi Makin Tinggi

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, mengatakan, buruknya pelayanan publik dan tingginya tingkat korupsi di tanah air menurut disebabkan lemahnya sistim pengawasan internal.

Selain auditor internal masih pasif dalam melaksanakan pengawasan. Hal itu juga dikarenakan terbatasnya SDM yang dimiliki Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan penggabungan auditor internal, yang terdiri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Inspektorat Jenderal dan Badan Pengawasan daerah secara terpusat dan lebih independen dalam melaksanakan tugas serta fungsinya," beber Azwar dalam keterangan persnya, Selasa (22/7).

Dengan penggabungan itu, lanjutnya, akan memberikan kebebasan dalam pengaturan dana, serta pemilihan obyek audit lebih terpusat dan bebas dari tekanan manapun.

"Peningkatan kompetensi auditor juga perlu lebih diperhatikan, khususnya dalam audit keuangan dan audit kinerja," ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut,  saat ini jumlah auditor hanya sekitar 10 ribu personil. Agar dapat melakukan audit secara menyeluruh, idealnya jumlah itu harus ditambah menjadi 20 ribu personil. (esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, mengatakan, buruknya pelayanan publik dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News