Jokowi: Lupakan Nomor 1 dan 2, Salam 3 Jari Persatuan Indonesia

Jokowi: Lupakan Nomor 1 dan 2, Salam 3 Jari Persatuan Indonesia
Presiden dan wakil presiden terpilih 2014-2019, Joko Widodo dan Jusuf Kalla saat menyampaikan pidato kemenangan di atas phinisi Hati Buana Setia di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7) malam. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla tak berlama-lama memberikan pidato politik pertamanya usai terpilih memenangkan Pemilihan Presiden 2014.

Pidato kemenangan ini mengambil tempat di Sunda Kelapa, Jakarta Utara, di sebuah kapal nelayan Hati Buana Setia, Selasa (22/7) malam.

Joko Widodo berharap, proses dan dinamika Pilpres 2014 yang dilakoni masyarakat Indonesia selama ini bisa menjadi pembelajaran untuk bangsa.

"Di dalam politik itu harus ada keriangan, politik itu ada kegembiraan dan kebebasan. Kini Pilpres sudah usai, hubungan teman dengan teman harus kembali lebih dipulihkan," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, kini saatnya masyarakat ingat bahwa ada tanggungjawab besar yang menunggu di depan mata.

"Tanggungjawab kepada diri masing-masing, hubungan dengan bangsa lain, dan yang utama tanggung jawab kita kepada anak cucu," ujar Jokowi.

Pilpres 2014, lanjut presiden terpilih, harus memunculkan optimisme dan jiwa yang lebih merdeka.

"Kesukarelaan yang sempat mati suri kini sudah kembali muncul. Ini harus lebih digalakkan lagi sesuai dengan karakter bangsa kita," ucapnya.

JAKARTA - Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla tak berlama-lama memberikan pidato politik pertamanya usai terpilih memenangkan Pemilihan Presiden 2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News