Wakil Ketua Komisi IV DPR Sidak Pasar di Tiga Provinsi

Wakil Ketua Komisi IV DPR Sidak Pasar di Tiga Provinsi
Wakil Ketua Komisi IV DPR Sidak Pasar di Tiga Provinsi

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron memastikan kebutuhan pangan menghadapi serta pascalebaran aman. Menurut Herman, harga-harga kebutuhan bahan pokok masih bisa terjangkau.

Dijelaskan Herman, sesuai Undang-undang Pangan nomor 18 tahun 2012 disebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib menjaga ketahanan pangannya. Pangan sebagai hak asasi manusia harus tersedia dan terjangkau oleh masyarakat.

"Hingga saat ini masih aman kebutuhan pasokan," kata Herman usai melakukan inspeksi mendadak ke pasar-pasar di wilayah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat seperti Food Stasion Cipinang Jakarta, Pasar Johar Karawang, dan Pasar Caringin Bandung, Selasa (22/7).

Herman juga menyebutkan, pasokan beras cukup terkendali. Menurutnya, ketersediaan beras sangat cukup, sehingga ada penurunan harga. Harga produk hortikultura dan produk perikanan stabil, yang ada kenaikan di harga daging sapi dan ayam.

"Kenaikan itupun karena momentum lebaran, karena stock cukup," ujar Ketua Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat ini.

Herman malah mengkhawatirkan keamanan makanan yang mengandung formalin. Menurutnya, banyak jenis pangan olahan yang menggunakan formalin, borak dan pewarna tekstil.

"Atas temuan ini kami meminta kepada pemerintah untuk mensosialisasikan UU Pangan terkait dengan keamanan pangan. Harus ada pembinaan dan penyadaran yang masif terhadap produsen yang masih menggunakan bahan membayakan kesehatan," kata Herman. (boy/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron memastikan kebutuhan pangan menghadapi serta pascalebaran aman. Menurut Herman, harga-harga kebutuhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News