Bayar Zakat, SBY Dorong Presiden Ke-7 Dukung Peran Baznas

Bayar Zakat, SBY Dorong Presiden Ke-7 Dukung Peran Baznas
Bayar Zakat, SBY Dorong Presiden Ke-7 Dukung Peran Baznas

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelontorkan dana Rp 20,7 juta untuk menunaikan ibadah zakat mal pada bulan Ramadan tahun ini. Sedangkan untuk zakat fitrah, Presiden SBY membayar Rp 1 juta untuk total 14 anggota keluarganya.

Kedua jenis zakat itu disalurkan Presiden SBY melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Zakat SBY diterima langsung oleh Kepala Baznas Didin Hafidhuddin.

"Saya ingin menyerahkan zakat penghasilan saya dalam waktu satu tahun, zakat fitrah 14 jiwa. Semuanya disalurkan kepada yang berhak sesuai syariat," kata SBY di Istana Kepresidenan, Rabu (23/7).

Kepada jajaran pengurus Baznas, SBY berpesan agar penerimaan zakat tahun ini bisa dioptimalkan. Presiden RI ke-6 ini juga akan mendorong presiden baru penerusnya untuk terus mendukung peran Baznas.

Sementara itu Kepala Baznas Didin Hafidhuddin mengatakan bahwa jumlah zakat yang dibayarkan Presiden SBY masih sama seperti tahun lalu. Ia juga mengatakan bahwa jumlah zakat yang dikumpulkan Baznas tiap tahun mengalami peningkatan.

Menurut Didin, peningkatan tersebut berkat dukungan pemerintah melalui Instruksi Presiden kepada kementerian dan lembaga yang mewajibkan kepada pegawai negeri sipil beragama Islam agar menyalurkan zakatnya kepada Baznas.

Pada tahun 2012, Baznas tercatat menghimpun dana zakat sebanyak Rp 1,7 triliun. Kemudian pada tahun 2013, jumlahnya naik menjadi Rp 2,3 triliun. Pada tahun 2014 ini, Baznas menargetkan zakat yang berhasil dikumpulkan hingga Rp 3 triliun.

"Tentu saja penghimpunan ini diikuti pendayagunaan. Ada 5 program besar mulai dari Indonesia Peduli, Sehat, Takwa, Makmur dan Cerdas. Saat ini sudah ada 100 desa yang terlayani dengan dana zakat," papar Didin. (dil/jpnn)

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelontorkan dana Rp 20,7 juta untuk menunaikan ibadah zakat mal pada bulan Ramadan tahun ini. Sedangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News