Dulu Belajar Gitar sambil Nangis, Kini Jadi Kecanduan

Dulu Belajar Gitar sambil Nangis, Kini Jadi Kecanduan
GADIS BERGITAR: Monik bergaya dengan gitar. Dia piawai bermain gitar sejak SMP. Foto: Ratna Mutu Manikam for Jawa Pos

DENGAN keringat dan kerja keras selama bertahun-tahun, akhirnya Ratna Mutu Manikam bisa memetik hasilnya. Kemampuannya dalam memainkan gitar berhasil menarik hati musisi kawakan Ahmad Dhani.
----------------------------
Nanda Putu Dermawanti, Surabaya
----------------------------
GITAR menjadi sahabat karib Ratna Mutu Manikam. Perempuan yang akrab dipanggil Monic itu sangat lihai memetik senar gitar Wild Fire-X miliknya. Jari-jari Monic menari dengan indahnya. Tidak jarang, Monic memainkannya sambil menyanyi. Sayangnya, suaranya tenggelam karena kalah oleh suara gitar.

Begitu memainkan gitar, raut wajah Monic lebih serius. Kepalanya mengikuti irama lagu yang dimainkan. Sesekali rambutnya disibakkan ke atas hingga menutupi parasnya yang ayu.

Padahal, bila ditemui dalam keadaan biasa, Monic tampak kalem dan tenang sebagaimana gadis lainnya. Namun, berbeda saat memainkan lagu rock, Monic tampil sangar dan brutal. Keningnya sesekali mengernyit. Bahkan, dia bisa melompat-lompat kecil saat memainkan lagu yang nge-rock. Tangannya begitu akrab dengan gitar.

Meski memainkan tempo yang cepat dan teknik yang cukup tinggi, Monic tidak kesulitan. Dia juga tidak perlu melihat catatan not maupun kunci yang dimainkannya. Monic telah menghafalnya di luar kepala. Saat itu Monic membawakan lagu terbaru Bethseba yang berjudul Yakinkan Aku.

”Lagu ini yang buat Naurel, vokalisnya Bethseba. Terus diolah sama arranger-nya Ahmad Dhani,” kata Monic saat ditemui di kediamannya di Sidoarjo. Setelah memainkannya, Monic menceritakan kisahnya saat direkrut pemilik Republik Cinta Management (RCM) Ahmad Dhani.

Gadis kelahiran 12 Juni 1997 itu bertemu dengan Ahmad Dhani saat mengikuti audisi Digital Icon di Colors Pub Surabaya. Saat itu Monic menunjukkan kelihaiannya memainkan gitar. Dengan teknik swipe-nya, Monic membuat Ahmad Dhani terpukau hingga mendapat tiket Wow. Artinya, dia lolos mengikuti tahap selanjutnya.

Namun, Monik tidak memenuhi panggilan tersebut karena masih UAS. ”Saya ditelepon manajemen RCM. Tapi, katanya nanti langsung dikontrak. Akhirnya, nggak ke sana. Padahal, waktu itu masih audisi 55 orang,” ujarnya polos. Meski begitu, dalam audisi Digital Icon, Monic meraih penghargaan The Best Coolest Player.

Setelah UAS berakhir, pada 11 Juni, Monic mendapat undangan dari RCM untuk berangkat ke Jakarta. Tanpa diduga, saat tiba di Studio RCM, Ahmad Dhani langsung membentuk band yang bernama Bethseba. Personelnya terdiri atas tiga orang perempuan. Yaitu, Naurel (vokalis), Dita (drumer), dan Monic (gitaris).

DENGAN keringat dan kerja keras selama bertahun-tahun, akhirnya Ratna Mutu Manikam bisa memetik hasilnya. Kemampuannya dalam memainkan gitar berhasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News