Van Gaal Langsung Ubah Formasi MU

Van Gaal Langsung Ubah Formasi MU
Wayne Rooney melesakkan gol dari titik penalti pada laga pra musim menghadapi LA Galaxy LA Galaxy di Rose Bowl, Pasadena, California, Kamis (24/7). Pada laga ini, MU menang telak 7-0. Foto: MUFC

jpnn.com - CALIFORNIA - Louis van Gaal menjalani debutnya menjadi manajer Manchester United (MU) dengan menghadapi LA Galaxy pada laga pra musim di Rose Bowl, Pasadena, California, Kamis (24/7).

Pada pertandingan tersebut, Van Gaal yang baru saja sukses menangani Timnas Belanda langsung mengubah formasi 4-3-3 yang kerap digunakan MU selama beberapa musim.

Van Gaal ingin menularkan kesuksesan formasi 5-3-2 Belanda yang digunakan selama Piala Dunia 2014. Namun di MU, Van Gaal sedikit melakukan perubahan dengan menggunakan formasi 3-5-2.

MU mengawali pertandingan dengan menurunkan duet Wayne Rooney dan Danny Wellback. Di tengah, Van Gaal memasang Darren Fletcher, Ander Herrera dan Juan Mata.

Tiga back yang digunakan Van Gaal adalah Chris Smalling, Jonny Evans dan Phil Jones. Sementara Luke Shaw dan Antonio Valencia memainkan perannya sebagai sayap kiri dan kanan.

"Saya bisa memainkan tiga striker karena saya punya tiga penyerang. Tapi saya memilih untuk memainkan dua penyerang," ujar Van Gaal seperti dilansir Press Association.

Ia juga mengemukakan alasan mengapa berani memainkan formasi 3-5-2 yang baru dua kali dipakai dalam latihan. "Jika Anda ingin mengubah sisten Anda harus langsung menerapkan. Saya juga bisa menerapkan pola 4-3-3, formasi yang mereka pakai selama bertahun-tahun," ujarnya.

Tim berjuluk Setan Merah tersebut hanya butuh 13 menit untuk unggul. Adalah Danny Wellbeck yang berhasil menjebol gawang LA Galaxy melalui tendangan luar kotak penalti.

CALIFORNIA - Louis van Gaal menjalani debutnya menjadi manajer Manchester United (MU) dengan menghadapi LA Galaxy pada laga pra musim di Rose Bowl,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News