Tetapkan 11 Jabatan Bisa Dilamar Sarjana Semua Jurusan

Tetapkan 11 Jabatan Bisa Dilamar Sarjana Semua Jurusan
Tetapkan 11 Jabatan Bisa Dilamar Sarjana Semua Jurusan

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) akhirnya menetapkan jabatan-jabatan CPNS baru yang bisa dilamar sarjana semua jurusan. Mereka memastikan adala sebelas lowongan pekerjaan yang tidak terikat jurusan kuliah pelamarnya.
 
Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, sebelas jabatan itu adalah auditor, perencana, analis kebijakan, dan pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah.

Kemudian penggerak swadaya masyarakat, widyaiswara, peneliti, penyuluh, dan pekerja sosial serta perekeyasa dan pemeriksa.
 
Alasan dibukanya akses formasi untuk lintas jurusan ini untuk menjaring SDM yang berkualitas tetap kuliah di jurusan jarang memiliki formasi CPNS. Para SDM berkualitas itu disayangkan ketika akhirnya menyebrang menjadi pegawai di instansi swasta.
 
"Bagi instansi pemerintah yang belum mengalokasikan formasi untuk sebelas jabatan tadi, diminta segera mengalokasikannya," tutur Herman kemarin.

Dia mengatakan komposisi formasi yang diperebutkan pelamar dari segala jurusan itu adalah 5 persen dari total kuota di masing-masing instansi.
 
Seperti diketahui kuota CPNS baru dalam rekrutmen 2014 sebesar 65 ribu orang. Rinciannya adalah 25 ribu orang ditempatkan di instansi pusat (kementerian dan lembaga). Dan sisanya sebanyak 40 ribu orang ditempatkan di instansi daerah (provinsi, kabupaten, dan kota).
 
Herman menuturkan dalam persiapan tes CPNS 2014 ini, ada beberapa permasalahan teknis. Diantaranya adalah belum semua instansi menyampaikan nama-nama jabatan fungsional ditempatnya masing-masing. Masalah lainnya adalah jabatan yang diusulkan belum tercantum dalam e-Formasi yang ditetapkan pantia rekrutmen.
 
"Penyusunan formasi yang seharusnya disusun per jabatan, masih banyak yang disusun berdasarkan unit organisasi," paparnya. Persoalan lainnya adalah rincian calon pengisian penawai tidak sesuai dengan jumlah persetujuan prinsip yang ditetapkan Kemen PAN-RB. (wan)

 


JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) akhirnya menetapkan jabatan-jabatan CPNS baru yang bisa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News