Formasi Louis van Gaal Bikin MU Jadi Sangar

Formasi Louis van Gaal Bikin MU Jadi Sangar
Formasi Louis van Gaal Bikin MU Jadi Sangar

jpnn.com - CALIFORNIA – Pakem baru diperkenalkan Louis van Gaal kepada Manchester United. Terbiasa menerapkan pola tradisional 4-4-2, MU di bawah Van Gaal kini bermain dengan pola 3-5-2 yang super ofensif. Hasilnya, The Red Devils menggebuk LA Galaxy 7-0 pada laga ujicoba pra-musim di Pasadena, Amerika Serikat.

Laga kontra LA Galaxy Kamis lalu menjadi laga perdana Van Gaal sebagai pelatih MU. Dia memilih memainkan pola 3-5-2 selama 90 menit. Pelatih asal Belanda itu melakukan sembilan pergantian pemain dengan dengan Ander Herrera dan Darren Fletcher sebagai pemain yang tidak tergantikan di sepanjang laga. Hasilnya cukup mengejutkan. MU menang mutlak tujuh gol tanpa balas lewat dua gol yang masing-masing dicetak Wayne Rooney, James Reece, Ashley Young dan satu gol dari Danny Welbeck.

”Ini fantastis menyaksikan tim bermain hari ini. Jika Anda menyaksikan kami berlatih, Anda akan berharap sesuatu dari performa kami, tetapi tidak dengan skor besar seperti ini. Ini mengejutkan, ada gol-gol indah dan skema serangan indah,” ungkap Van Gaal usai pertandingan seperti dilansir situs resmi klub.

”Hasil akhir selalu penting. Dengan kemenangan besar itu kami mendapatkan kepercayaan diri. Kami memperkenalkan sistem baru dan mengujinya dua kali di sesi latihan, 11 lawan 11. Memang belum terlalu maksimal, tetapi para pemain haus mendapatkan informasi,” imbuh Van Gaal.

Van Gaal ditunjuk menggantikan pelatih sebelumnya David Moyes yang dipecat setelah gagal mengangkat performa tim di sepanjang musim lalu. Di bawah Moyes MU sebenarnya beberapa kali mencoba formasi baru. Namun eks pelatih Everton tak pernah menerapkan formasi tiga bek seperti diperlihatkan Van Gaal Kamis lalu. Dia juga gagal mengeksploitasi kemampuan bintang-bintang MU.

Van Gaal sendiri punya alasan kuat memperkenalkan skema 3-5-2. Saat masih melatih Belanda di Piala Dunia 2014, Van Gaal beberapa kali menerapkan skema itu. Lewat skema itu pula Van Gaal membawa Belanda mempermalukan Spanyol 5-1 di fase grup Piala Dunia untuk kemudian lolos hingga babak semifinal.

Kini, dengan hasil sempurna yang diraih MU atas LA Galaxy, Van Gaal mengaku tak ragu menjadikan skema 3-5-2 sebagai skema baku MU untuk musim depan. ”Saat saya melihat tim memainkan skema baru itu, lebih baik bagi kami meraih kemenangan 7-0 daripada menelan kekalahan yang bisa membuat pemain ragu atas skema tersebut. Sekarang, dengan kemenangan besar itu, saya tak lagi memiliki masalah,” jelasnya.

Formasi baru Van Gaal juga mendapat sambutan positif dari sejumlah pemain. Salah satunya adalah Ashley Young yang melesakkan dua gol pada laga kontra LA Galaxy itu. Young yang musim lalu hanya bermain 13 kali sebagai starter, langsung merasa cocok dengan skema baru Van Gaal dan berhasil memperlihatkan performa terbaiknya. ”Dalam pramusim, terkadang pemain tidak langsung tampil bagus, tetapi tim baru dan formasi baru ini sangat cocok buat kami,” ucap Young.

CALIFORNIA – Pakem baru diperkenalkan Louis van Gaal kepada Manchester United. Terbiasa menerapkan pola tradisional 4-4-2, MU di bawah Van

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News