Jembatan Comal Dibuka Sementara

Untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran

Jembatan Comal Dibuka Sementara
Jembatan Comal Dibuka Sementara

jpnn.com - COMAL – Jembatan Comal akhirnya benar-benar dibuka sesuai target yang ditentukan. Bahkan lebih awal dari scehedule yang telah ditetapkan berapa waktu lalu.

Jembatan Comal yang rencananya dibuka untuk kendaraan pribadi dan roda dua pada pukul 07.00 WIB atau 08.00 WIB, dibuka lebih awal, yaitu pukul 02.30 WIB, kemarin. Hal itu karena faktor macetnya kendaraan yang sudah antre dan banyak sekali.

Namun demikian, dibukanya Jembatan Comal bersifat sementara. Semua itu diprioritaskan untuk kendaraan arus mudik dan arus balik Lebaran. Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah 5 Dirjen Kementerian PU Hedy Rahadian mengatakan, seperti yang sudah disampaikan oleh Menteri PU bahwa penanganan Jembatan Comal adalah darurat untuk yang sebelah utara.

Hal tersebut untuk mempercepat, sehingga bisa digunakan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran. ”Artinya kalau sementara berarti segala sesuatunya tidak seperti normal,” kata Hedy, Kamis (24/07) saat ditemui di sekitar Jembatan Comal.

Hedy menyampaikan bahwa pihaknya sudah merekonstruksi jembatan ini dengan nenggunakan sistem Aremco. Dengan begitu bebannya jauh lebih berkurang dari beban sebelumnya. ”Gorong-gorong Aremco membuat timbunan lebih ringan, karena berongga,” jelas Hedy.

Penanaganan jembatan tersebut adalah bersifat darurat, karena biaya penanganan kemacetan itu luar biasa. ”Jadi karena sifatnya sementara, bagaiaman kita melayani arus mudik dan balik lebih cepat, sehingga treatmennya berbeda. Ini beda dengan untuk 10 tahun layanan,” ujar Hedy.

Secara teknis, lanjut dia, kendaraan yang diperbolehkan melewati jembatan tersebut adalah kendaraan yang sudah disepakati sebelumnya. Yaitu beban tonasenya kurang dari 10 ton. Pengguna jalan kalau diizinkan silakan lewat.

”Jembatan ini masih terus diamati oleh teman-teman dari PU yang setiap 2 jam dievaluasi mengenai perkembangan dan kekuatan serta beban yang dipikulnya,” ujarnya.

COMAL – Jembatan Comal akhirnya benar-benar dibuka sesuai target yang ditentukan. Bahkan lebih awal dari scehedule yang telah ditetapkan berapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News