Dishub Pantau Mudik dengan CCTV

Dishub Pantau Mudik dengan CCTV
Dishub Pantau Mudik dengan CCTV

jpnn.com - CIMAHI- Selain menempatkan personel di lapangan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi juga memantau arus mudik melalui Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di Kantor Dishub yang berada di lingkungan Pemkot Cimahi.    

Seperti diketahui, Dishub sudah memasang CCTV tersebut sejak tahun lalu di beberapa titik seperti Simpang Pemkot Cimahi, Simpang Kebon Kopi, Simpang Bunderan Leuwi Gajah, Simpang Alun-alun Cimahi, Simpang Cihanjuang, Simpang Cimahi Mall dan Simpang Citeureup Kolonel Masturi.
    
Kepala Dishub Kota Cimahi, Erik Yudha mengatakan, keberadaan CCTV tersebut bukan hanya untuk melihat kondisi kemacetan lalulintas saja, melainkan dapat merekam sejumlah peristiwa kriminal.
    
"Waktu itu pernah terekam kasus penjambretan. Bahkan, ada juga pohon tumbang yang sempat terekam. Untuk itu pada arus mudik nanti keberadaan CCTV ini diharapkan bisa membantu kondisi arus lalu lintas di setiap titiknya," terang Erik kepada wartawan saat ditemui di Lingkungan pemkot Cimahi.

Dijelaskan Erik, pengoperasian CCTV ini melibatkan personel dishub yang menjaga di kantor (ruang CCTV) sebanyak 4 orang. Sementara untuk petugas di lapangan, kata Erik, ada  20 personel yang  berjaga.
    
"Ketika petugas sedang memantau CCTV terlihat kemacetan, maka petugas di lapangan akan langsung terjun ke lokasi untuk mengurai kemacetan," tuturnya.
    
Erik mengungkapan daya rekam dalam CCTV  tersebut akan tersimpan selama 20 hari dengan kapasitas memory 1 tera (1.000 Gb). "Kita bisa menyimpan cukup lama jika suatu saat dibutuhkan. Bila ada kejadian kriminal terekam, sangat dibutuhkan oleh pihak kepolisian," terangnya.
    
Dijelaskannya, jalur utama jalan Cimahi ini merupakan jalur muara dari berbagai jalur sehingga pihaknya harus memantau sejumlah titik yang menjadi fokus perhatian titik kemacetan.?
    
"Nanti biasanya akan berkoordinasi dengan Polres Cimahi. Jalur Cimahi ini seperti tulang ikan, lurus dan bercabang yang bermuara ke tengah-tengah. Jadi jelas pada arus mudik nanti ada sejumlah titik yang macet," paparnya.?
    
Sementara itu, sebanyak 132 personil Dishub Kota Cimahi akan diturunkan pada  H-7 dan dan H+7 Idul Fitri  1435 Hijriyah. Sebanyak 72 personil diantaranya ditempatkan sebagai traffic counting (pencatat jumlah kendaraan) dan 60 personil lainnya untuk mengamankan jalur lalu lintas. (dep/mas)


CIMAHI- Selain menempatkan personel di lapangan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi juga memantau arus mudik melalui Closed Circuit Television


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News