Posko Mudik Cinta Indonesia

Posko Mudik Cinta Indonesia
Posko Mudik Cinta Indonesia

jpnn.com - Budaya mudik sudah menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat di Indonesia menjelang Hari raya Idul Fitri. Untuk itu, Dompet Dhuafa yang bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI), mendirikan  Posko Mudik Cinta Indonesia 1435 H/ 2014.

Posko berada di tiga titik yang menjadi jalur mudik, Cirebon, Jawa Barat bertempat di depan halaman RM Chaniago. Persisnya berjarak 500 m dari terminal Harjamukti,  Pelabuhan Merak, Banten, dan Nagrek, Bandung, Jawa Barat di halaman Masjid Uswatun Hasanah.

Posko mudik tersebut digulirkan  dari posko mudik kebanyakan, posko mudik Cinta Indonesia menyediakan beberapa layanan gratis bagi para pemudik. Diantaranya servis motor, servis handphone, pemeriksaan kesehatan, dan pijat refleksi.

Semua layanan tersebut digratiskan untuk para pemudik yang singgah. Kegiatan pelayanan gratis untuk para pemudik ini dibantu oleh jejaring  divisi pendidikan dan kesehatan Dompet Dhuafa, yakni Institut Kemandirian (IK) dan Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC).

“Untuk posko mudik jalur Cirebon,  semua layanan gratis," terang Akhmad Zaenudin, Koordinator Posko Mudik Cinta Indonesia.

Menurut Akhmad, sejauh ini arus lalu lintas di wilayah Cirebon, Jawa Barat, padat merayap. Terpantau, sekitar 80  kendaraan bus dan kendaraan pribadi telah melintas di kawasan tersebut. Antusiasme para pemudik pun mulai terlihat, ketika posko mudik ini mulai digulirkan.

Sekitar 14 pemudik telah mengunjungi posko mudik ini. "Dibuka  sekitar 40 menit saja, sudah Aksi Layanan Kesehatan 10 pasien, servis handphone 1, dan pijat refleksi 3 orang,” papar Akhmad.

Dengan bergulirnya program Posko Mudik Cinta Indonesia dapat memberikan pelayanan gratis. Diharapkan dapat memberikan manfaat serta kenyamanan bagi para pemudik dalam melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Budaya mudik sudah menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat di Indonesia menjelang Hari raya Idul Fitri. Untuk itu, Dompet Dhuafa yang bekerja sama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News