Ini Hasil Pemeriksaan terhadap Terduga Pemeras TKI

Ini Hasil Pemeriksaan terhadap Terduga Pemeras TKI
Ini Hasil Pemeriksaan terhadap Terduga Pemeras TKI

jpnn.com - JAKARTA - Polda Metro Jaya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 18 terduga pemeras tenaga kerja Indonesia di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Dua di antaranya adalah oknum Polri, seorang oknum TNI dan 15 masyarakat sipil.

 

Alhasil, dari pemeriksaan itu Polda didapatilah cara kerja dan peran oknum penegak hukum itu dalam kasus ini.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto menjelaskan ketiga oknum tersebut berperan sebagai yang menawarkan jasa angkutan kepada TKI yang baru datang dari luar negeri untuk  pulang ke tempat tujuannya.

Apabila setuju dengan biaya tertentu, selanjutnya oknum tersebut menghubungi taksi gelap atau terhadap salah satu dari 15 orang yang ikut terjaring di depan terminal  2D  yang ada di tempat parkir bandara.

"Dan dari sopir taksi gelap tersebut kemudian memberikan tips kepada oknum dimaksud sebagai jasa mencarikan penumpang," katanya.

Ia menjelaskan oknum tersebut bisa berada di area conveyor, karena pernah ditugaskan di situ pada 2007. "Jadi sudah kenal dengan orang-orang di bandara. Dan mereka terjaring di area conveyor," kata Rikwanto.

Dijelaskannya lagi, pada saat terjaring, sedang belum  ada transaksi jasa angkutan antara oknum dengan TKI. "Karena TKI-nya belum datang,  belum ada korban dari TKI," ungkapnya.(boy/jpnn)


JAKARTA - Polda Metro Jaya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 18 terduga pemeras tenaga kerja Indonesia di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News