Hilal Sudah Terlihat di Atas Dua Derajat di Banten

Hilal Sudah Terlihat di Atas Dua Derajat di Banten
Hilal Sudah Terlihat di Atas Dua Derajat di Banten

jpnn.com - JAKARTA - Segenap jajaran dari Kementerian Agama (Kemenag) bersama beberapa perwakilan ormas Islam dan ahli astronomi sudah hadir di Kantor Kementerian Agama, petang ini, Minggu (27/7) untuk melakukan sidang isbat menentukan 1 Syawal 1435 H.

Salah seorang anggota hisab dari Platenarium, Cecep Nurwendaya menjelaskan bahwa di beberapa lokasi di Indonesia sudah ada yang telah melihat hilal.

Salah satunya adalah hasil pemantauan hilal di Pelabuhan Ratu, Banten. Pemantauan yang dilakukan oleh pihak Planetarium ini menunjukan bahwa tinggi hilal di daerah tersebut positif, yakni sudah di atas dua derajat. Artinya bisa dipastikan 1 syawal 1435 hijriah jatuh pada Senin 28 Juli 2014.

"Kalau secara hisab, Senin besok itu awal Syawal 1435, yakni tanggal 28 Juli 2014. Tapi berdasarkan rukyat, masih menunggu nanti hasil rukyah," tandas Asep dalam sidang isbat di Kemenag.

Hingga menjelang Maghrib, peserta sidang masih menunggu laporan hasil pemantauan hilal di beberapa lokasi di Indonesia. Rencananya, hasil sidang isbat akan diumumkan usai Maghrib. (ian/rmo/jpnn)


JAKARTA - Segenap jajaran dari Kementerian Agama (Kemenag) bersama beberapa perwakilan ormas Islam dan ahli astronomi sudah hadir di Kantor Kementerian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News