1 Syawal Jatuh pada Senin, 28 Juli 2014

1 Syawal Jatuh pada Senin, 28 Juli 2014
1 Syawal Jatuh pada Senin, 28 Juli 2014. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Lebaran bersama akhirnya disepakati tahun ini. Dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama bersama dengan ormas Islam dan ahli astronomi, ditetapkan 1 Syawal 1435 Hijriyah jatuh pada Senin, 28 Juli 2014.

Ketetapan ini disampaikan langsung Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin usai menggelar sidang Isbat. Dalam konferensi persnya, pria yang sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua MPR itu mengatakan keputusan itu diambil setelah hilal sudah terlihat di tiga dari 111 titik pemantauan hilal.

"Maka dari itu, peserta sidang sepakat untuk menetapkan 1 Syawal 1435 Hijriyah jatuh pada esok hari, Senin 28 Juli 2014," kata Lukman di Jakarta, Minggu (27/7).

Tiga titik yang terlihat hilal di atas dua derajat yang menjadi acuan penetapan lebaran yang dimaksud Lukman adalah di Gresik (Jawa Timur),  Pelabuhan Ratu (Banten) dan Kolaka (Sulawesi Tenggara). Ada tiga orang yang melihat di masing-masing titik. Mereka diambil sumpahnya untuk menyampaikan pemantauan tersebut.

Sidang Isbat juga menetapkan beberapa rekomendasi. Salah satunya adalah segera mengumpulkan para ormas Islam untuk merumuskan kriteria atau definisi hilal agar dikemudian ibadah umat Islam lebih baik dan sempurna. (awa/jpnn)

 


JAKARTA - Lebaran bersama akhirnya disepakati tahun ini. Dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama bersama dengan ormas Islam dan ahli astronomi,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News