Libur Idul Fitri, Kawasan Puncak Diperkirakan Padat Hari Ini

Libur Idul Fitri, Kawasan Puncak Diperkirakan Padat Hari Ini
Libur Idul Fitri, Kawasan Puncak Diperkirakan Padat Hari Ini

jpnn.com - CIAWI - H-1 lebaran, arus lalulintas di kawasan Ciawi menuju Puncak masih normal. Namun, lonjakan kendaraan sempat meningkat pada pagi hari, kemacetan mengular hingga tiga kilo meter dari pintu tol Ciawi.

Akibatnya Polisi lalulintas Polres Bogor sempat memberlakukan sistem satu arah menuju puncak. One way diberlakukan dari pukul 09:00 sampai dengan pukul 10:30.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Muhammad Chaniago, mengatakan bahwa sejak Subuh ada peningkatan kendaraan dari gerban tol yang mengular hingga dua kilo meter. Selain itu, di kawasan megamendung juga terpantau mulai padat.

"Karena itu kami akan memberlakukan sistem satu arah, dari arah puncak kami tutup mulai dari tugu. One way diberlakukan sekitar satu sampai satu jam setengah dinormalkan kembali, karena ini kan sudah didominasi oleh kendaraan pribadi tidak ada bis jadi kemungkinan one way akan cepat," ujarnya.

Berdasarkan  data Polres Bogor, jumlah kendaraan yang keluar masuk kawasan Puncak hingga H-3 sebelum lebaran cenderung menurun dibanding dua tahun sebelumnya. Hingga sabtu siang kendaraan yang masuk ke Puncak 7.517, dan keluar sejumlah 11.303.

Adapun titik kemacetan yang berpotensi menimbulkan kemacetan ialah tempat wisata dan pasar. Kemacetan yang terjadi diakibatkan oleh adanya aktifitas warga yang menyebrang jalan dan keluar masuk pintu wisata, seperti, tanjakan selarong, taman wisata matahari, pasar cisarua, simpang taman wisata matahari, dan Puncak Km 81.

Sementara dari data di pos Gadog, hingga minggu siang kendaraan yang masuk berjumlah 5.497, dan yang turun dari Puncak 7974. Kendaraan baik mobil maupun motor di dominasi oleh plat B berbagai tujuan, Bandung, Cianjur atau ke tempat wisata.

Seperti yang dikatakan oleh Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Muhammad Chaniago bahwa jalur puncak bukan diprioritaskan sebagi jalur mudik, melainkan jalur wisata.

CIAWI - H-1 lebaran, arus lalulintas di kawasan Ciawi menuju Puncak masih normal. Namun, lonjakan kendaraan sempat meningkat pada pagi hari, kemacetan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News