Ampel, Surga Kuliner Serba-Arab

Ampel, Surga Kuliner Serba-Arab
Foto: Dimas Alif/Jawa Pos

jpnn.com - SEPIRING nasi briyani seafood tersaji di atas piring putih. Potongan udang dan cumi menyeruak di antara butiran nasi berwarna kuning. Rempah-rempahnya menimbulkan harum kuat yang sangat khas. Itulah nasi briyani, salah satu menu andalan Depot Mas Hakim di Kompleks Ampel.

Depot di gang utama Masjid Ampel itu memang menyediakan berbagai makanan olahan khas Arab. Selain nasi briyani, ada roti maryam, nasi kebuli, dan nasi tomat. ’’Andalan kami nasi kebuli dan briyani,’’ ujar Syaiful Fahri, salah seorang karyawan depot.

Menurut dia, rahasia kelezatan masakan Arab di depot tersebut terletak pada bumbu rempah yang khas. Misalnya, nasi briyani yang diolah dengan menggunakan ketumbar, merica, jintan, adas, jahe, dan kunyit.

’’Kalau kebuli, rempahnya pakai pala, lada, kayu manis, dan serai. Tapi, kalau di sini ada resep rahasianya. Asli Arab. Rasanya lain, bikin pelanggan pasti kembali,’’ kata Syaiful lantas tersenyum. Dia menyebut Dorce Gamalama pernah mampir ke depot tersebut. Saat itu artis nasional tersebut mencicipi beberapa makanan.

Harga menu yang dijual di Depot Mas Hakim cukup terjangkau. Sepiring nasi kebuli dan nasi briyani, misalnya, dibanderol Rp 15 ribu saja.

Pria yang sudah bekerja selama delapan tahun itu menuturkan, depot tersebut cukup bersejarah. Usianya sudah mencapai 15 tahun. Pemiliknya seorang warga Arab asli, yakni Hakim Bala'mash. Kini depot di jalan utama menuju Masjid Ampel itu dijalankan generasi kedua.

Depot Mas Hakim hanya satu di antara puluhan pedagang makanan di Kompleks Ampel yang terus buka selama Lebaran. Mereka rata-rata buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00.

Kompleks Ampel memang surga kuliner khas Arab. Mulai sambosa, martabak, hingga pukis atau apem Arab tersedia di sini. Bentuk kue pukis itu seperti jamur jumbo dengan bagian atas yang menggelembung.

SEPIRING nasi briyani seafood tersaji di atas piring putih. Potongan udang dan cumi menyeruak di antara butiran nasi berwarna kuning. Rempah-rempahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News