PKB Minta Koalisi Jangan Gemuk

PKB Minta Koalisi Jangan Gemuk
PKB Minta Koalisi Jangan Gemuk

JAKARTA - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar punya tips agar pemerintahan kedepan efektif. Meski mensyaratkan tambahan kekuatan dalam barisan parpol pendukung pemerintahan, jumlahnya tetap tidak perlu terlampau besar.

       

Menurut dia, koalisi yang terlalu gemuk justru akan tidak efektif. "Saya sarankan terbuka dan terbatas, jangan banyak-banyak, kalau gemuk justru akan tidak efektif," tegas Muhaimin usai silaturahim di kediaman Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, di Jl. Teuku Umar, Jakarta, Senin (28/7).

       

Menurut dia, koalisi ideal di parlemen cukup 50 persen plus satu. Dengan cakupan koalisi yang terbatas itu maka pengelolaannya juga akan relatif lebih mudah. "Meski demikian, semuanya tergantung presiden dan wakil presiden," tandasnya.

       

Saat ini, pasangan Jokowi-JK didukung oleh empat parpol di parlemen. Mereka adalah PDIP (109 kursi), Partai Nasdem (35 kursi), PKB (47 kursi), dan Partai Hanura (16 kursi). Jika ditotal, kekuatan parpol di belakang Jokowi-JK adalah 207 kursi. Atau, sebesar 39,97 persen dari total 560 kursi yang ada.

       

JAKARTA - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar punya tips agar pemerintahan kedepan efektif. Meski mensyaratkan tambahan kekuatan dalam barisan parpol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News