Jokowi-JK Perlu Menteri yang Punya Loyalitas Tinggi

Jokowi-JK Perlu Menteri yang Punya Loyalitas Tinggi
Jokowi-JK Perlu Menteri yang Punya Loyalitas Tinggi

jpnn.com - JAKARTA - Kabinet pemerintahan pasangan presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla, harus diisi figur-figur yang siap menjadi martir, demi membawa perubahan bagi Indonesia yang lebih baik.

Karena itu sebelum menunjuk figur-figur dimaksud, Jokowi-JK menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) Reinhard Parapat, perlu memerhatikan sejumlah hal.

Seperti figur calon menteri sebaiknya memiliki kriteria sosok yang memiliki loyalitas tinggi, teruji dalam rekam jejak, memiliki kontribusi dalam pemenangan Jokowi-JK, kemudian profesional di bidangnya, serta mau terjun ke tengah masyarakat, atau melakukan 'blusukan'.

"Syarat ini menjadi penting, karena Indonesia memerlukan orang-orang yang siap bekerja dan menjadi tulang punggung di kabinet Jokowi-JK, guna menjadikan pemerintahan yang mampu bekerja untuk rakyat," ujarnya di Jakarta, Selasa (29/7).

Reinhard mengakui, untuk mencari figur yang diharapkan tidak gampang. Karena itu seleksi harus benar-benar dilakukan. Apalagi seorang menteri nantinya juga harus merupakan sosok yang tidak akan  meninggalkan Jokowi-JK ketika berhadapan dengan kekuatan parlemen yang tidak pro-rakyat.

"Bila perlu mereka harus siap menjadi martir untuk memerjuangkan kebijakan Jokowi-JK yang pro rakyat. Tugas yang berat bukan lima tahun ke depan, tapi mengimplementasikan visi-misi Jokowi-JK," katanya.

Mantan koordinator penasehat hukum tahanan politik/narapidana politik Aceh ini mengungkapkan hal tersebut, karena menurutnya kemungkinan ke depan akan ada pertarungan antara barisan yang menguasai legislatif atau DPR dengan eksekutif di bawah pemerintahan Jokowi-JK.

"Makanya sangat dibutuhkan figur-figur yang siap martir. Namun perlu diingat, apabila program-program rakyat yang telah dibuat Jokowi-JK diganggu, kekuatan penghalang itu akan berhadapan dengan kekuatan masyarakat," katanya.(gir/jpnn)


JAKARTA - Kabinet pemerintahan pasangan presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla, harus diisi figur-figur yang siap menjadi martir, demi membawa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News