Oknum BNP2TKI Diyakini Terlibat Pemerasan TKI

Oknum BNP2TKI Diyakini Terlibat Pemerasan TKI
Oknum BNP2TKI Diyakini Terlibat Pemerasan TKI

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning angkat bicara terkait dugaan pemerasan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Bandara Soekarno-Hatta. Menyusul penangkapan beberapa orang dalam inspeksi mendadak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri pada Sabtu (26/7) dini hari lalu.

Menurut Ribka, dugaan pemerasan itu tak lepas dari keterlibatan oknum-oknum instansi terkait, dalam hal ini Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI).

"Oknum pasti ada tapi oknum kan bisa melakukan itu karena jabatan dia," katanya usai menggelar open house Lebaran di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (29/7).

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, rantai pemerasan TKI ibarat rantai korupsi yang ada namun sulit dibuktikan.

"Itu seperti orang korupsi lah. Dirasa ada, susah dibuktikan," ujar Ribka.

DPR, Ribka mengaku, sudah melakukan kajian terhadap permasalahan TKI. Terutama dugaan pemerasan di Bandara Soetta. Bahkan, DPR juga sudah membentuk satuan tugas sampai tim khusus TKI.

"Sudah pernah dibentuk Satgas TKI, tim khusus TKI antar komisi saja sudah, tapi sampai dipimpin pimpinan DPR juga tidak selesai," tegasnya. (why/rmo/jpnn)

JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning angkat bicara terkait dugaan pemerasan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Bandara Soekarno-Hatta. Menyusul


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News