Kapal Feri Tenggelam, 11 Tewas

Kapal Feri Tenggelam, 11 Tewas
Kapal Feri Tenggelam, 11 Tewas

jpnn.com - KUALA KAPUAS - Kecelakaan transportasi air terjadi di Sungai Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (29/7) pagi.

Kecelakaan tersebut menimpa kapal feri tradisional yang melayani penyeberangan Kelurahan Panamas ke Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Jumlah penumpang feri diperkirakan 56 orang dan yang terdata selamat baru 28 orang. Hingga (29/7) petang, korban tewas dalam insiden itu tercatat 11 orang (lihat tabel) dan masih ada delapan penumpang belum ditemukan. Dari jumlah itu diperkirakan ada yang selamat namun tidak melapor dan langsung dibawa pulang.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat langsung membentuk tim pencarian korban. Tim tersebut antara lain; BNPB Kabupaten Kapuas, Dishubkominfo, Tim Rescue yang dikoordinasi Kabagops Polres Kapuas, Tim Posko di bawah koordinasi Kasdim/1011 Klk, Tagana, Emergency, Satpol PP, Orari dan sejumlah relawan.

Hingga Selasa (29/7) petang, belasan penumpang selamat berhasil dievakuasi dan menjalani perawatan medis di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Kecelakaan maut itu menyisakan trauma bagi korban selamat. Tati, salah seorang warga Panamas mengungkapkan, feri yang tenggelam tersebut jarang digunakan, karena kondisinya yang sudah jabuk dimakan usia.

“Saya bingung mengapa saat itu masih digunakan? Bahkan feri yang tenggelam itu saya lihat mengangkut sepeda motor hampir 30 unit. Padahal kondisi feri itu sudah tidak memungkinkan untuk mengangkut sepeda motor sebanyak itu,” kata Tati.

Mega, salah seorang warga Panamas yang selamat dalam insiden itu mengatakan, saat itu feri dari arah Panamas hendak menuju ke Kota Kuala Kapuas.
Namun kata dia, feri tersebut bocor dan mesin pompa air tidak berfungsi. “Para petugas di feri itu hanya menguras air dengan menggunakan gayung mandi,” ujar Mega.

KUALA KAPUAS - Kecelakaan transportasi air terjadi di Sungai Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (29/7) pagi. Kecelakaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News