PMK Kerja Cepat, Gedung dan Mobil Selamat

PMK Kerja Cepat, Gedung dan Mobil Selamat
PMK Kerja Cepat, Gedung dan Mobil Selamat

jpnn.com - SURABAYA – Di tengah kelengangan Jalan Pahlawan, asap tampak mengepul dari gedung percetakan PT Gading Murni Selasa siang (29/7). Ternyata bangunan nomor 81 itu terbakar.  

Untung, mobil pemadam kebakaran (PMK) datang cepat sehingga gedung bisa diselamatkan dari amuk si jago merah.

Tidak hanya itu, mobil pikap bernopol L 8120 RM di dalam bangunan juga bisa diselamatkan. Hanya sebagian kecil bangunan yang terbakar.

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.40. Ketika itu, di dalam gedung percetakan tersebut tidak ada aktivitas karena memang sedang libur.

Kepulan asap diketahui para pengguna jalan yang kebetulan melintas. Mereka pun berhenti dan berupaya mencari pertolongan. ”Lalu, ada yang memberi tahu polisi yang berjaga di pos pengamanan (sekitar 50 meter dari lokasi kebakaran, Red),” ujar Ari, salah seorang saksi mata.

Polisi segera meneruskan informasi tersebut ke petugas PMK. Mereka juga menutup akses Jalan Pahlawan. Tidak berselang lama, mobil-mobil PMK pun berdatangan. Tak kurang dari 11 mobil PMK turut membantu pemadaman.

Kerja keras dan cepat PMK tersebut membuat kobaran api tidak sampai membesar. Bahkan, api bisa dijinakkan hanya dalam waktu sepuluh menit. Hanya, upaya untuk memadamkan api tidak gampang. Sebab, kondisi bangunan tertutup rapat. Petugas PMK memutuskan untuk membuka paksa pintu utama dan jendela sisi utara yang berdekatan dengan titik api.

”Kebakaran terjadi di lantai 1 yang luas bangunannya 15 x 30 meter. Namun, luas area yang terbakar sekitar 4 x3 meter saja,” jelas Bambang Kistadi, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Dinas Kebakaran Kota Surabaya.

SURABAYA – Di tengah kelengangan Jalan Pahlawan, asap tampak mengepul dari gedung percetakan PT Gading Murni Selasa siang (29/7). Ternyata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News