DPD Harap Pemerintahan Mendatang Cerdas Manfaatkan SDA

DPD Harap Pemerintahan Mendatang Cerdas Manfaatkan SDA
DPD Harap Pemerintahan Mendatang Cerdas Manfaatkan SDA

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengingatkan Pemerintahan hasil pemilu 2014 harus lebih cerdas, bertanggung jawab dan berkomitmen yang tinggi terhadap penggunaan sumber daya alam (SDA) yang sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD RI Irman Gusman, menyikapi alotnya negosiasi dengan pihak asing terhadap sejumlah kontrak karya energi dan tambang yang memang sudah jatuh tempo untuk direnegosiasi.

"Penggunaan bahan tambang, termasuk energi harus sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa dan negara ini. Persempit celah bagi pasar bebas untuk mendiktenya," kata Irman Gusman, Rabu (30/7).

Untuk membentengi agar kekayaan tambang dan energi tidak didikte oleh mekanisme pasar bebas lanjutnya, presiden terpilih harus melepaskan diri dari proses kabinet transaksional dan politik praktis.

"Kabinet sebaiknya diisi para profesional di bidangnya. Jika kebetulan itu ada dari kader partai politik tidak masalah, yang penting profesionalitasnya sudah teruji. Jangan sebaliknya, harus kader partai politik baru dicarikan alasan pembenaran. Ini tidak sesuai lagi dengan zamannya," tegas Irman Gusman.

Selain itu, senator asal Sumatera Barat itu juga menyarankan agar dalam postur kabinet mendatang ada keterwakilan daerah dan gender sebagai penguatan terhadap zaken kabinet.

"Menurut saya zaken kabinet itu akan semakin efektif jika ada representasi daerah karena begitu luas dan beragamnya suku bangsa di Indonesia," pungkas Irman Gusman. (fas/jpnn)


JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mengingatkan Pemerintahan hasil pemilu 2014 harus lebih cerdas, bertanggung jawab dan berkomitmen yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News