Tokoh Sulsel Diproyeksikan Isi Jabatan Kabinet Jokowi-JK

Tokoh Sulsel Diproyeksikan Isi Jabatan Kabinet Jokowi-JK
Tokoh Sulsel Diproyeksikan Isi Jabatan Kabinet Jokowi-JK

jpnn.com - MAKASSAR -- Penjaringan bakal calon anggota kabinet berdasarkan usulan rakyat, tengah berlangsung. Lewat situs www.kabinetrakyat.org  yang dibuat khusus tim Jokowi, mulai dikunjungi pelbagai kalangan.

Hingga, Rabu, 30 Juli, pukul 20.00 Wita, tercatat situs ini sudah mengumpulkan 42.780 hits dan di-like 482 pengguna facebook, serta di-follow 1.749 pengguna twitter.

Di website ini tampak 41 posisi menteri dan sekretaris kabinet yang akan membantu tugas presiden dan wakil presiden-wapres terpilih Jokowi-JK nantinya. Sedikitnya, empat tokoh Sulsel mencuat sebagai bakal calon menteri dari usulan rakyat tersebut.

Di antaranya nama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, caleg terpilih DPR RI, Akbar Faizal, Dekan Fakultas Ilmu Kelautan Unhas, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, serta Erwin Aksa. Abraham Samad misalnya mendapat 302 dukungan untuk posisi Jaksa Agung.

Dia mengalahkan nama Trimedya Panjaitan (37) dan Hendardi yang baru 11 dukungan. Selanjutnya untuk posisi Sekretaris Kabinet, mencuat nama Ketua DPP Partai Nasdem, Akbar Faizal dengan 15 dukungan. Mengalahkan Pramono Anung (11) dan Yuddy Chrisnandi (8) dukungan.

Nama Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas yang juga Guru Besar Unhas, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, juga mencuat untuk posisi Menteri Perikanan dan Kelautan dengan 104 dukungan. Namun masih kalah dengan raihan Bupati Wakatobi yang juga Ketua DPD PDIP Sultra, Hugua yang memperoleh 208 dukungan di website tersebut.

Di posisi Menteri Perindustrian, nama pengusaha Sulsel, Erwin Aksa mencuat dengan 27 dukungan, mengalahkan mantan Ketua Umum PAN, Soetrisno Bachir (16). Namun dukungan keduanya dikalahkan Bos Jawa Pos, Dahlan Iskan yang mendapat 318 dukungan.

Dalam website juga dicantumkan sembilan kriteria untuk jabatan menteri tersebut, di antaranya tidak pernah terlibat korupsi, bukan pelanggar HAM, serta profesional di bidangnya sesuai visi misi Jokowi-JK.

MAKASSAR -- Penjaringan bakal calon anggota kabinet berdasarkan usulan rakyat, tengah berlangsung. Lewat situs www.kabinetrakyat.org  yang dibuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News