Penjagaan Ketat, Klaim Tekan Kriminalitas di Bandara Sepinggan

Penjagaan Ketat, Klaim Tekan Kriminalitas di Bandara Sepinggan
Penjagaan Ketat, Klaim Tekan Kriminalitas di Bandara Sepinggan

jpnn.com - BALIKPAPAN - Ketatnya pengamanan Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan membuahkan hasil. Angka kriminalitas di fasilitas umum itu dapat diminimalisasi.

Kapolsek Bandara Sepinggan Balikpapan Kompol Nina Ike Herawati menyampaikan, kondisi itu diharapkan bisa menjadi gambaran saat puncak arus balik Lebaran yang diprediksi pada H+5 Idulfitri mendatang. Ia menyebut, selama arus mudik, tak ada kejadian kriminal yang menonjol. Situasi tersebut juga membuat angka kasus kriminal di Bandara Sepinggan menurun.

“Kami jauh-jauh hari memang telah menyiapkan sistem pengamanan bandara untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Termasuk potensi terjadinya peristiwa kriminal ketika arus mudik berlangsung,” katanya seperti dilansir Kaltim Post (Grup JPNN), Kamis (31/7).

Ia menyatakan, tiga buah posko di sejumlah akses masuk dan keluar Bandara Sepinggan salah satu yang menjadi perhatian. Selain bekerja sama dengan sejumlah instansi seperti Dinas Perhubungan (Dishub) serta pihak pengelola bandara, pihaknya juga mengaku terus berkoordinasi dengan TNI dalam hal pengamanan.

Menurutnya, puncak arus mudik Lebaran di Bandara Sepinggan terjadi pada H-3 Idulfitri lalu yang mencapai 15.500 penumpang pesawat. Sementara untuk arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada Sabtu (2/8).

“Kami prediksi H+5 Idulfitri terjadi puncak arus mudik, karena saat itu masa liburan PNS mau pun sekolah akan berakhir,” ujarnya.

Dibanding tahun 2013 lalu, lanjut Nina, jumlah penumpang pesawat pada 2014 ini meningkat hingga 24 persen.

“Untuk pengamanan masih kami perketat, semoga situasi aman saat arus mudik kemarin, kembali terjadi saat arus balik nanti. Yang jelas, hal-hal yang menjadi potensi gangguan keamanan terus kami antisipasi,” ujarnya lagi.

BALIKPAPAN - Ketatnya pengamanan Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan membuahkan hasil. Angka kriminalitas di fasilitas umum itu dapat diminimalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News