DPRD DKI Janji Tak Ganjal Pengunduran Diri Jokowi

DPRD DKI Janji Tak Ganjal Pengunduran Diri Jokowi
DPRD DKI Janji Tak Ganjal Pengunduran Diri Jokowi

jpnn.com - JAKARTA – Pengunduran diri Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) tampaknya akan berjalan mulus. Sebab, beberapa fraksi di DPRD DKI mengaku tidak akan mempersulitnya. Namun, pengunduran diri itu bisa diajukan jika Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan yang diajukan pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta.

Ketua Fraksi Partai Golkar Asraf Ali mengatakan, partainya akan mengikuti sistem dan aturan. Sesuai ketentuan, Jokowi harus mundur terlebih dahulu sebelum dilantik menjadi presiden. “Ya, Fraksi Golkar ikut,” kata Asraf Kamis Kamis (31/7).

Bahkan, menurut dia, Jokowi sudah harus mengundurkan diri sebelum pelantikan presiden pada 22 Oktober nanti. Asraf menjelaskan, tidak ada aturan mengenai kapan Jokowi harus mundur. Namun, dia mengingatkan, pengunduran diri akan melewati rapat paripurna.

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Golkar DKI itu menegaskan, posisi koalisi fraksinya di DPRD sama dengan sikap yang diambil pusat. Artinya, partai berlambang pohon beringin itu akan satu gerbong dengan Gerindra.

Pernyataan senada dilontarkan Ketua Fraksi Partai Hanura Fahmi Zulfikar Hasibuan. Ia mengatakan, Jokowi sudah dipilih rakyat sebagai presiden. “Tidak mungkin DPRD menghalang-halangi pilihan rakyat,” jelas dia kepada Jawa Pos.

Ketua Bapilu Partai Hanura DKI itu berpesan, pengunduran diri Jokowi jangan sampai mengganggu program pemprov yang sedang berjalan. ”Ini demi kepentingan warga DKI,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI yang juga politikus partai Demokrat Ferrial Sofyan berjanji tidak akan mempersulit pengunduran diri Jokowi dari jabatan Gubernur DKI. Namun, dia mengingatkan bahwa ada mekanisme yang harus dijalani. “Saya sih pengennya selesai dengan lancar,” ucap mantan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta itu.(riz/oni/dio)

 


Berita Selanjutnya:
Api Lalap Rumah dan Sekolah

JAKARTA – Pengunduran diri Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) tampaknya akan berjalan mulus. Sebab, beberapa fraksi di DPRD DKI mengaku tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News