Kapal Ro-Ro Sepi Peminat

Kapal Ro-Ro Sepi Peminat
Kapal Ro-Ro Sepi Peminat

TEGAL - Minat pemudik Tegal dan sekitarnya yang akan kembali ke Jakarta menggunakan angkutan mudik gratis kapal Roll on Roll Off (Ro-Ro) kurang. Sampai dengan H-1 pendaftaran atau Kamis (31/7), jumlah pendaftar tercatat 73 sepeda motor dan 179 penumpang.
    
Padahal target atau kapasitas yang disiapkan 250 sepeda motor dan 500 penumpang. Sesuai jadual kapal Ro-Ro Menumbing Raya akan diberangkatkan, Sabtu (2/8) besok, pukul 15.00 dari Pelabuhan Tegal. Rencananya pemberangkatan akan dilepas oleh Wakil Wali Kota Tegal Nursholeh.
    
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tegal Khaerul Huda mengatakan, pendaftaran arus balik gratis menggunakan kapal Ro-Ro dibuka sejak 25 Juli lalu. Namun demikian hingga 31 Juli jumlah yang sudah terdaftar baru 73 sepeda motor dan 179 penumpang.
    
"Para pendaftar ini tidak semuanya pemudik yang sebelumnya diangkut menggunakan kapal Ro-Ro dari Jakarta ke Tegal. Tapi juga pemudik baru, artinya pemudik yang akan kembali ke Jakarta tetapi sebelumnya tidak menggunakan kapal Ro-Ro saat pulang kampungnya," katanya kemarin.
    
Menurut dia, pendaftaran rencana balik gratis kapal Ro-Ro di tutup, Jumat (1/8). Namun apabila belum memenuhi target 250 sepda motor dan 500 penumpang, pendaftaran diperpanjang hingga hari H pemberangkatan atau Sabtu (2/8), maksimal pukul 14.00.

Ditambahkan, untuk mendaftar pemudik hanya menunjukan KTP dan STNK kendaraan saja, tanpa ada syarat lain.
    
Khaerul tak menampik bila antusias pemudik kembali ke Jakarta menggunakan kapal Ro-Ro kurang. Hal tersebut dipengaruhi oleh lamanya waktu perjalanan dan belum pernah naik kapal. "Seperti waktu arus mudik kemarin, banyak pemudik yang mabuk laut."
    
Disebutkan, pada saat arus mudik lalu, ada 2 kapal Ro-Ro yang menurunkan pemudik di Pelabuhan Tegal. Pertama pada 25 Juli KMP Kuala Batee II yang membawa 48 unit sepeda motor dan 77 orang pemudik. Kedua, pada 27 Juli KM Menumbing Raya mengangkut 335 orang pemudik dan 155 sepeda motor.
    
Usai menurunkan penumpang dan kendaraannya, KM Menumbing Raya di parkir di kolam Pelabuhan Tegal hingga kembali diberangkatkan kembali ke Jakarta, Sabtu besok pukul 15.00.

Khaerul berharap, saat kapal diberangkatkan alur pelabuhan tidak dipenuhi kapal-kapal nelayan lokal. Selain itu, perjalanan Tegal-Jakarta tidak lebih dari 20 jam. (adi)


TEGAL - Minat pemudik Tegal dan sekitarnya yang akan kembali ke Jakarta menggunakan angkutan mudik gratis kapal Roll on Roll Off (Ro-Ro) kurang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News