Seishukan Indonesia Kedatangan Master Samurai Jepang

Seishukan Indonesia Kedatangan Master Samurai Jepang
Seishukan Indonesia menggelar latihan bersama, diikuti para Samurai Indonesia, dari 26 Juli hingga 1 Agustus 2014, di Budo-Seishin Dojo, Depok-Jawa Barat pimpinan Kolonel Laut Dr Ivan Yulivan.(Foto Dandenma Mabes TNI for JPNN)

jpnn.com - JAKARTA - Seishukan Indonesia (Ilmu Bela Diri Klasik Jepang, Iaido, Jodo, Kyudo) atau yang lebih dikenal dengan istilah “Pedang Samurai“ menggelar latihan bersama yang diikuti oleh para Samurai Indonesia yang tersebar di Bandung, Pontianak, Medan dan Jakarta.

Kegiatan latihan bersama tersebut dilaksanakan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 1 Agustus 2014, bertempat di Budo-Seishin Dojo, Depok, Jawa Barat pimpinan Kolonel Laut Dr Ivan Yulivan yang kesehariannya menjabat sebagai Dandenma Mabes TNI Cilangkap, yang juga penyandang Dan V Karate, Aikido, Jujitsu, serta praktisi Wingchun Sefu Jhony Chan.

Menurut Ivan Yulivan, latihan bersama tersebut dipimpin langsung oleh Master Iaido dari Jepang, Higuchi Masami yang menyandang Dan 7 Iaido (Pedang Katana) serta Jodo (Boken atau sejenis toya/stick) dan merupakan murid dari ilmu pedang (IAIDO) Muso Shinden-Ryu (dari Maestro Nakayama Hakuda) serta Shindo Muso-Ryu-Jodo (Musashi). 

"Kedatangan Higuchi Masami (80 th) seorang Ketua Dewan Guru Fukuoka Kendo Renmei (Markas Besar Federasi Kendo Propinsi Fukuoka) adalah dalam rangka penyeragaman gerak para murid di Indonesia yang tergabung dalam Seishukan Indonesia pimpinan Sensei Tora Gotoku (Nama asli Joko Priyanto) penyandang Dan IV untuk Iaido, Jodo, Kyudo (panah) dan Aikido," kata Kolonel Ivan. 

Dijelaskannya, Sensei Tora Gotoku merupakan putera asli Indonesia yang telah 30 tahun menimba ilmu beladiri klasik di Jepang serta beberapa kali menjuarai berbagai kejuaraan Nasional Iaido dan Jodo di Jepang yang memperistri Yoshiko Nagata (Dan 7-Shodo/Kaligrafi Jepang) sebagai master Kaligrafi yang sudah langka saat ini di Jepang. 

Dikatakannya, mengingat amat disiplin dan kerasnya latihan, tak heran bila latihan ini hanya diikuti 17 orang saja, karena selama ini banyak para praktisi yang berhenti di tengah jalan. 

"Latihan ini dimaksudkan pula untuk mempersiapkan diri bagi para murid yang akan melaksanakan ujian di Jepang pada medio September mendatang dan guna menanamkan mental untuk senantiasa sabar, fokus dan rendah hati," ujarnya.

Latihan sejenis ini memiliki tujuan utama yaitu untuk bersikap jujur pada diri sendiri dan menghindar dari sikap Kuchi Bushi atau bermulut besar, imbuh Ivan Yulivan.

JAKARTA - Seishukan Indonesia (Ilmu Bela Diri Klasik Jepang, Iaido, Jodo, Kyudo) atau yang lebih dikenal dengan istilah “Pedang Samurai“

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News