Masyarakat Mulai Rasakan Manfaat Program BPJS

Masyarakat Mulai Rasakan Manfaat Program BPJS
Masyarakat Mulai Rasakan Manfaat Program BPJS

jpnn.com - CIREBON - Sosialisasi yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ke berbagai daerah mulai membuahkan hasil. Hal itu terlihat dari respon masyarakat pekerja, khususnya para pekerja di sektor informal.

Raden Abdul Adhim, misalnya. Ia telah merasakan manfaat dari program Jaminan Sosial Pekerja. Hal itu sudah dirasakan olehnya beberapa tahun silam semenjak ia bekerja di Perusahaan Tekstil di wilayah Pelumbon, Cirebon.

"Selama bekerja, saya beserta ribuan pekerja tekstil lainnya oleh perusahaan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan program tersebut sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh kami," ungkap Raden, Minggu (3/8).

Meskipun sudah pensiun dari pekerjaannya sebagai pekerja buruh, Raden masih tetap mengikuti Program Jaminan Sosial pekerja yang saat ini dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dengan usaha mandiri sebagai penjahit, ia bersama istri mulai merintis usahanya kembali.

Lebih lanjut ia katakan bahwa, program BPJS Ketenagakerjaan perlu didukung dan diikuti oleh masyarakat pekerja. Mengingat tujuan dari program BPJS Ketenagakerjaan, yakni mensejahterakan kehidupan masyarakat pekerja.

"Seperti program beasiswa anak pekerja, pinjaman uang muka perumahan (PUMP-KB) dan program lainnya sangat membantu keluarga pekerja seperti kami," seru Raden.

Soal iuran/premi di BPJS Ketenagakerjaan, menurutnya sangat rendah dan terjangkau dengan kantong rakyat, serta memiliki banyak manfaat untuk hari tua. Apalagi kata Raden, tak ada yang tahu kapan musibah akan terjadi. "Resiko atas pekerjaan selalu ada, ya sedia payung sebelum hujanlah," tandasnya.

Di tempat terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon, Amirudin menuturkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi secara masif, hingga mampu memberikan kesadaran terhadap masyarakat pekerja, baik formal maupun informal untuk masuk ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

CIREBON - Sosialisasi yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ke berbagai daerah mulai membuahkan hasil. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News