Gubernur Sumut Terima Penghargaan dari Menristek

Gubernur Sumut Terima Penghargaan dari Menristek
Gubernur Sumut Terima Penghargaan dari Menristek

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menilai Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, cukup berhasil mengembangkan sistem inovasi daerah (SIDa). Karena itu atas keberhasilan tersebut, Gubernur Sumut, Gatot Pudjo Nugroho, akan menerima penghargaan Anugerah Budhipura dari Menristek Gusti Muhammad Hatta, pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-19, di Jakarta, Senin (11/8).

“Penghargaan Anugerah Budhipura merupakan penghargaan tertinggi atas prestasi Provinsi terhadap pengembangan Sistem Inovasi Daerah (SIDa). Dan inilah yang diraih Sumut yang akan diterima Gubsu besok (Senin,red),” ujar Kepala Perwakilan Jakarta, Provinsi Sumatera Utara, Affan Hasibuan di Jakarta, Minggu (10/8).

Menurut Affan, SIDa merupakan suatu kegiatan terpadu antara pemerintah, akademis, bisnis dan masyarakat (ABGC) dalam mengembangkan ilmu pengetauhan dan teknologi (iptek). Di mana hasil penelitian dan pengembangan tersebut menjadi proses teknologi baru atau produk baru dengan nilai tambah yang tinggi.

“SIDa Sumut dinilai sangat baik dan lebih baik dari provinsi lainnya di Indonesia. Karena itu anugerah Budhipura dapat diraih. Kelebihan Provinsi Sumut dibanding provinsi lainnya, kita juga saat ini telah menjadi hilirisasi kelapa sawit yang berbasis UKM (usaha kecil menengah) dengan empat kegiatan,” ujarnya.

Keempat kegiatan hilirasi kelapa sawit berbasis UKM tersebut yaitu pengembangan benih unggul kelapa sawit, integrasi sawit dengan sapi dan energy, pengembangan kompor biomassa berbahan bakar cangkang sawit dan pengembangan produk cocbuter substitute.

“Atas empat keunggulan inilah kita akhirnya dinilai sangat layak memeroleh anugerah tertinggi yang nantinya langsung diberikan Menteri Riset dan Teknologi dengan disaksikan Wakil Presiden Boediono,” katanya.

Kemenristek diketahui memberi penghargaan Budhipura tingkat nasional, sebagai wujud nyata meningkatkan percepatan pembangunan ilmu pengetahuan dan teknolologi melalui penguatan Sistem Inovasi Daerah.

Pemberian sebagai wujud pembinaan dalam penyelenggaraan pemerintahan provinsi dan sebagai pemetaan upaya pemprov dalam peningkatan daya saing daerah berbasis Sistem Inovasi Daerah.

JAKARTA – Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menilai Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, cukup berhasil mengembangkan sistem inovasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News