Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi

Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi
Ruam popok umum terjadi saat bayi. Foto: Getty Images.

jpnn.com - RUAM popok umum terjadi saat bayi, dan biasanya tidaklah terlalu mengkhawatirkan. Para orang tua sudah tidak asing lagi dengan ruam popok, yakni suatu gangguan kulit berupa bercak merah pada kulit di area yang tertutup popok, seperti pantat, perut bagian bawah, lipatan paha, area kemaluan dan dubur.

Tapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan popok atau juga dikenal dengan diaper yaitu akibat yang ditimbulkan seperti ruam.

Ruam muncul di sekitar paha dan selangkangan akibat seringnya lembab karena saking banyaknya pipis yang dikeluarkan sang bayi. Hal itu akan membuat sang bayi dan balita Anda merasa tidak nyaman.

Untuk membuat dan menjaga anak lebih nyaman, berikut cara mencegah terjadinya ruam pada anak akibat popok berikut ini :

1. Popok harus sering diganti

"Cara yang pertama untuk mengatasi ruam akibat popok adalah dengan rajin mengganti popok sang balita atau bayi Anda setidaknya empat jam sekali dan selalu usahakan untuk menjaga kulitnya tetap bersih dan kering," kata penulis Vanessa Luis, seperti dilansir laman Health Me Up, Minggu (10/8).

2. Pilih produk yang tepat

Jangan memilih produk tisu bayi yang mengandung wangi-wangian karena produk tersebut mengandung alkohol dan tentunya semakin membuat kulit bayi anda semakin iritasi. Daripada menggunakan tisu tersebut, lebih baik Anda menggunakan waslap hangat dan sabun khusus bayi.

RUAM popok umum terjadi saat bayi, dan biasanya tidaklah terlalu mengkhawatirkan. Para orang tua sudah tidak asing lagi dengan ruam popok, yakni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News