Victory Bertabur Rekor Tsonga

Victory Bertabur Rekor Tsonga
Jo-Wilfried Tsonga. Foto: Getty Images

jpnn.com - TORONTO - Petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga terus memakan korban. Setelah mengalahkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic di babak ketiga, juara dua kali dan unggulan ke-8 Andy Murray di perempat final, kemudian unggulan ke-7 Grigor Dimitrov di semi final, Tsonga menguasai laga puncak Rogers Cup kemarin (11/8). Tak tanggung-tanggung, yang dikalahkan kali ini adalah Roger Federer.

 Yang membuat Tsonga sangat dominan, kemenangan 7-5, 7-6 (3) tersebut diraih hanya dalam tempo 1 jam dan 47 menit. Padahal, Federer bukan petenis main-main. Dia adalah jawara 17 kali grand slam plus menjadi unggulan kedua di Rogers Cup. Bandingkan dengan Tsonga yang nirgelar grand slam dan hanya unggulan ke-13.

Kemenangan itu terasa manis karena dia menjadi petenis Prancis pertama yang memenangi Rogers Cup di era open. Sebelumnya, petenis Prancis I. F. Hellmuth memenanginya pada 1881 saat ajang tersebut kali pertama digelar.

"Untuk saat ini, rasanya saya tidak menyadari apa yang baru saja saya raih. Ini benar-benar prestasi besar bagi saya," kata Tsonga seperti dikutip Associated Press.

Tsonga pantas begitu bangga dengan prestasinya. Sebab, setiap kali bertemu Federer dia selalu jadi bulan-bulanan. Dalam 16 kali bentrok, dia hanya bisa mengalahkannya lima kali. Kemenangan Tsonga lebih mengagumkan lagi karena musim ini dia sama sekali belum pernah mengalahkan petenis peringkat 10 besar dunia.

Apalagi, Tsonga datang ke Montreal, Kanada, sebagai underdog yang duduk di peringkat ke-15 dunia. Tak ayal, kemenangan itu membuatnya langsung meroket ke posisi 10 besar dunia untuk kali pertama sejak 10 Maret lalu.

Di awal pertandingan, petenis 29 tahun tersebut sempat mengalami start buruk. Dalam posisi 5-5, Tsonga sempat keteteran menghadapi Federer. Namun kemampuan servis Tsonga yang luar biasa membuat petenis Swiss itu terus tertekan.

Sementara itu, rekor yang sama juga diciptakan petenis putri asal Polandia Agnieszka Radwanska. Perempuan 25 tahun itu membekuk petenis asal Amerika Serikat (AS) Venus Williams 6-4, 6-2 untuk mencatatkan diri sebagai petenis Polandia pertama yang meraih Rogers Cup. Victory tersebut merupakan gelar pertama yang diraih Radwanska tahun ini.

TORONTO - Petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga terus memakan korban. Setelah mengalahkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic di babak ketiga, juara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News