Pengemis ''Kaya'' Kontrak Pertokoan

Pengemis ''Kaya'' Kontrak Pertokoan
Pengemis ''Kaya'' Kontrak Pertokoan

jpnn.com - BANYUWANGI – Sebagian pengemis yang berkeliaran di sekitar Kota Genteng dan Jajag di Banyuwangi ternyata bukan orang miskin dari segi ekonomi. Ada di antara mereka yang termasuk orang mampu dan kecukupan.

Di antara para pengemis yang sering beroperasi pada malam hari tersebut, banyak yang memiliki handphone (HP) dan perhiasan. Mereka juga sering makan di rumah makan. ’’Ada yang menyewa toko di eks Terminal Genteng,’’ ungkap salah seorang pemilik toko di sekitar eks Terminal Genteng.

Menurut warga yang mewanti-wanti agar namanya tidak diberitakan, harga sewa toko di eks Terminal Genteng tidak murah. Untuk satu toko, harga sewanya sekitar Rp 1 juta per tahun. ’’Sekali sewa minimal lima tahun,’’ ujarnya.

Banyak toko di belakang eks Terminal Genteng yang hingga saat ini tidak laku. Oleh pengemis, tempat tersebut digunakan sebagai tempat tinggal. ’’Para pengemis tinggal di toko itu,’’ bebernya seperti dilansir Jawa Pos Radar Banyuwangi hari ini (12/8).

Warga lain, Azam Bahtiar, 27, membenarkan adanya pengemis yang memiliki kontrakan di toko eks Terminal Genteng tersebut. ’’Ini akan menimbulkan efek yang kurang bagus di masyarakat. Apalagi pemerintah terkesan membiarkan,’’ keluhnya.

Dia menuturkan, banyak warga yang resah dengan ulah para pengemis itu. Mereka sebenarnya mampu, tetapi tidak mau bekerja dengan benar. ’’Di kontrakan tersebut laki-laki dan perempuan tinggalnya campur,’’ katanya.

Untuk menanggapi keresahan warga itu, Koordinator Lapangan (Korlap) Satpol PP Kecamatan Genteng Rusmiyadi mengaku belum mengetahui keberadaan para pengemis yang memiliki tempat tinggal di eks Terminal Genteng tersebut. ’’Kalau laporan masyarakat tersebut benar, kami akan melakukan penertiban,’’ tandasnya.(sli/c1/abi/JPNN/c20/bh)

 

BANYUWANGI – Sebagian pengemis yang berkeliaran di sekitar Kota Genteng dan Jajag di Banyuwangi ternyata bukan orang miskin dari segi ekonomi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News