Target APBD Batam 2015 Rp 2,24 Triliun

Target APBD Batam 2015 Rp 2,24 Triliun
Target APBD Batam 2015 Rp 2,24 Triliun

jpnn.com - BATAM - Walikota Batam Ahmad Dahlan menargetkan APBD Kota Batam tahun 2015 mendatang mencapai Rp 2,240 Triliun. Jumlah ini naik dari APBD Batam 2014 yang nilainya sekitar Rp 2,1 triliun.

"Kita optimis akan menembus angka itu. Dan tidak menutup kemungkinan di APBD Perubahan tahun depan, jumlahnya akan jauh meningkat," katanya seperti pantauan Batam Pos (Grup JPNN), saat sidang paripurna Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS), Rabu (13/8).

Dahlan mengatakan bahwa APBD Batam ini naik karena pendapatan asli daerah juga akan meningkat. Di mana PAD Kota Batam ditargetkan akan naik menjadi Rp 712 miliar. Sedangkan PAD Kota Batam tahun 2014 hanya sekitar Rp 628 miliar.

Kenaikan PAD ini menurut Dahlan dikarenakan potensi kenaikan sumber PAD lainnya seperti pendapatan hasil pajak daerah, pendapatan hasil retribusi daerah, pendapatan hasil pengelelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain PAD yang sah. "Pajak kita akan meningkat. Kita targetkan pajak akan mencapai hampir Rp 450 miliar," kata Dahlan.

Selain PAD menurut Dahlan, dana perimbangan juga akan meningkat. DBH Pajak diperkirakan mencapai Rp 141 miliar, bagi hasil bukan pajak atau sumber daya alam sebesar Rp 280 miliar. Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum dari Pusat juga diperkirakan akan meningkat, mencapai Rp 677 miliar.

Dahlan mengatakan untuk mencapai hal ini, maka diperlukan kerjasama semua pihak. Ia mengatakan akan terus meningkatkan sumber daya aparatur SKPD Penghasil. Ia juga akan mengevaluasi kinerja SKPD penghasil secara reguler dan meningkatkan pengawasan terhadap peningkatan penerimaan daerah.

"Jadi kita akan lihat apa kendala yang terjadi di lapangan. Pengawasan dalam pemungutan dan kinerja SKPD secara keseluruhan akan kita perketat," katanya.

Dahlan juga mengimbau kepada masyarakat untuk taat pajak. Sosialisasi akan terus dilakukan kepada masyarakat khusus untuk wajib pajak. Penghargaan juga akan diberikan kepada wajib pajak yang taat. Ruslan Kasbulatov, Wakil Ketua I DPRD Kota Batam juga yakin, APBD Batam akan tembus di angka Rp 2,2 Triliun. Tetapi ia meminta agar Pemko terus melakukan pengawasan terhadap SKPD penghasil. Ia juga meminta agar tidak terlalu banyak Silpa setiap tahunnya.

BATAM - Walikota Batam Ahmad Dahlan menargetkan APBD Kota Batam tahun 2015 mendatang mencapai Rp 2,240 Triliun. Jumlah ini naik dari APBD Batam 2014

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News