Birth Control dan Persepsi Tentang Wanita Lain

Birth Control dan Persepsi Tentang Wanita Lain
Birth Control dan Persepsi Tentang Wanita Lain

jpnn.com - JUMLAH estrogen dalam pil KB dapat mempengaruhi bagaimana seorang wanita melihat wanita lain. Penelitian yang dilakukan oleh University of Trieste di Italia meneliti 42 perempuan yang menggunakan alat kontrasepsi yang mengandung estrogen dan progesteron. Sebagian besar perempuan yang mengkonsumsi pil KB, tapi empat dari mereka menggunakan cincin vagina seperti NuvaRing. 

Setengah dari perempuan menggunakan kontrasepsi dosis ultra-rendah (yang berisi antara 0.015 mg dan 0.020 mg estrogen), dan setengah lainnya yang menggunakan kontrasepsi dosis rendah (mengandung 0.030 mg untuk 0.035 mg estrogen).

Para wanita dalam penelitian ini juga melihat foto pria dan wanita dan diberi nilai beberapa atribut yang berhubungan dengan penampilan mereka, seperti daya tarik mereka dan daya tarik seks, dan atribut lainnya tidak terkait dengan penampilan mereka, seperti tingkat kesehatan dan energi mereka. Para wanita dalam penelitian ini peringkat pentingnya semua atribut tersebut, dari yang paling sampai yang kurang penting, pada skala dari 1 sampai 10.

Hasilnya, semakin tinggi dosis estrogen dalam kontrasepsi yang mereka gunakan, semakin besar kemungkinan mereka melihat seorang wanita dan menilainya berdasarkan penampilan.

"Hasil studi baru serta penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa cara wanita menentukan sifat seorang wanita lain kemungkinan berkaitan dengan hormon dalam kontrasepsi yang mereka konsumsi," kata peneliti Valentina Piccoli,seperti dilansir laman Fox News, Rabu (13/8).

Namun, tanpa mengukur kadar hormon perempuan dalam darah, para peneliti tidak bisa menentukan dengan tepat bagaimana hormon bisa mempengaruhi keinginan seorang wanita menilai wanita lain.

"Mekanisme ini mungkin terjadi akibat hormon yang tertelan melalui penggunaan pil kontrasepsi atau bisa terjadi karena perubahan kadar hormon alami tubuh yang terjadi pada wanita yang menggunakan kontrasepsi, " kata Piccoli lebih lanjut.

Dia mencatat temuan awal dan harus ditangani dengan hati-hati. Studi ini tidak memiliki kelompok kontrol di mana perempuan mengkonsumsi plasebo bukan pil KB. (fny/jpnn)
 


Berita Selanjutnya:
Mengenal Bipolar Disorder II

JUMLAH estrogen dalam pil KB dapat mempengaruhi bagaimana seorang wanita melihat wanita lain. Penelitian yang dilakukan oleh University of Trieste


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News