Densus Bekuk Dua Terduga Anggota ISIS di Balikpapan

Densus Bekuk Dua Terduga Anggota ISIS di Balikpapan
Densus Bekuk Dua Terduga Anggota ISIS di Balikpapan

jpnn.com - BALIKPAPAN - Dua pria diamankan anggota Detasemen Khusus (Densus 88) Antiteror Mabes Polri bersama Polres Balikpapan, di Balikpapan Selatan, Sabtu (9/8) malam. Mereka diduga terlibat dalam Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Ada, tapi itu masih dugaan, sedang didalami,” kata Kapolres Balikpapan AKBP Andi Azis Nizar, kemarin (13/8).

Kedua orang yang diduga menjadi anggota ISI ini saat diamankan, disebut menyebarkan bendera, dokumen, dan selebaran ajakan bergabung ke kelompok tersebut. “Mengenai keterlibatannya, sedang kami dalami,” ujarnya.

Sebelumnya, Polres Balikpapan, MUI, pengurus masjid, ormas Islam serta para tokoh masyarakat, menggelar pertemuan di Hotel Pasific, Jalan Ahmad Yani, Balikpapan, belum lama ini.

Pertemuan itu membahas upaya menangkal penyebaran ISIS. Sebab, tak menutup kemungkinan, Balikpapan bisa berpotensi menjadi tempat masuknya ISIS ataupun kelompok radikal.

Hingga saat ini, terang Andi, polisi sudah mengambil langkah-langkah antisipasi dan represif untuk menindak orang atau kelompok dari kelompok radikal.
Ketua MUI Balikpapan, Abdul Muis Abdullah menyatakan, seluruh tokoh agama dan ormas Islam Balikpapan telah sepakat menolak keberadaan kelompok ekstremis itu. Karena ISIS mengajarkan kekerasan yang menyimpang dari ajaran Islam yang cinta damai dan toleran.

Karenanya, dia meminta warga agar waspada, tidak mudah terpengaruh ajaran-ajaran radikalisme yang mengatasnamakan agama. Apalagi bertentangan dengan Pancasila maupun UU 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Muis yakin, tidak akan ada warga Balikpapan yang terpengaruh dan mau bergabung dengan ISIS. Pihaknya bersama tokoh masyarakat dan ormas Islam akan terus mensosialisasikan tentang ancaman dan bahaya kelompok radikal ini.

BALIKPAPAN - Dua pria diamankan anggota Detasemen Khusus (Densus 88) Antiteror Mabes Polri bersama Polres Balikpapan, di Balikpapan Selatan, Sabtu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News