Memori 2012, Bangkitkan Lorenzo di Brno

Memori 2012, Bangkitkan Lorenzo di Brno
Memori 2012, Bangkitkan Lorenzo di Brno

jpnn.com - BRNO - Balapan di Sirkuit Masaryk, Brno musim 2012 tentu masih terekam kuat di ingatan Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha, dan Dani Pedrosa, Repsol Honda. Duel klasik MotoGP tersaji antara dua rider papan atas kelas premium itu hingga bendera finis dikibarkan.

Musim 2014 memang terlalu didominasi juara bertahan 2013 Marc Marquez, tapi Lorenzo punya ambisi untuk comeback.
       
Di Indianapolis Minggu lalu (10/8) duet Movistar Yamaha nyaris menguasai balapan dan sempat merepotkan Marc Marquez di awal lomba. Saking sibuknya bertarung sendiri, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo berbuat kesalahan hingga memberikan ruang bagi sang juara bertahan kembali memenangi seri ke 10 itu dengan mudah.

Namun modal dua podium kedua Amerika Serikat itu memberikan suntikan kepercayaan diri bagi rider pabrikan berlambang garpu tala tersebut.
    
Sirkuit Masaryk di Brno disebut-sebut cocok dengan karakter motor Yamaha. Ada 15 tikungan di trek sepanjang 5,4 kilometer tersebut. Terdiri atas sembilan tikungan ke kanan dan enam ke kiri.
    
Banyak tikungan tajam antara T6-T10. Di sana pula diperkirakan bakal terjadi duel sengit antar rider kelas premium. Tak banyak trek lurus panjang yang biasanya menguntungkan motor Honda RC213 V.
    
Jorge Lorenzo begitu antusias menyambut balapan akhir pekan ini. Kepercayaan dirinya mulai pulih. Podium kedua di Indianapolis menunjukkan performa dan kebugaran fisiknya sudah kembali mencapai puncak.

Bahkan sejumlah kalangan percaya, Indianapolis adalah titik balik bagi juara dunia MotoGP dua musim itu untuk mengejar ketertinggalannya dalam persaingan perebutan gelar juara 2014.
    
Rider 27 tahun itu punya rekor bagus di Brno. Satu kemenangan di kelas 125cc pada 2004, dua kali di kategori 250cc di 2006-2007 dan di kelas MotoGP 2010. Dia hanya kalah 0,178 detik ketika duel dengan Dani Pedroa di musim 2012 dan finis ketiga tahun lalu.
    
Dua hari lalu Marc Marquez mengatakan, Brno akan menjadi palagan yang mempertontonkan duel sengit dirinya dengan rider rival, Yamaha. Prediksi yang sama juga dilontarkan Lorenzo. "Aku rasa Brno akan bagus untuk kami (Yamaha) seperti di Mugello atau Montmelo," katanya.
    
Meski sulit mematahkan dominasi Marquez yang selalu tampil konsisten, rider Catalan itu mengatakan, motornya sudah mengalami banyak kemajuan sejak di Barcelona. Menurut Lorenzo, perkembangan itu pula yang mendorongnya bisa tampil konsisten di beberapa seri terakhir.
    
"Secara fisik aku sudah merasa fit dan aku bisa menjaga kondisi terbaikku sepanjang balapan. Mungkin di Brno, dengan motor ini (M-1) kami bisa menang. Tapi untuk menjadi kompetitif di semua trek masih perlu upaya lebih keras lagi," tandasnya. Lorenzo berjanji akan bertarung dengan sampai akhir musim.
    
Brno juga punya banyak kesan untuk Dani Pedrosa, Repsol Honda. Yang paling kuat tentu duelnya dengan Lorenzo di musim 2012. Itulah kemenangan bersejarahnya di kelas MotoGP, karena itulah victory perdananya di GP Ceko.
    
"Brno adalah trek yang sangat aku sukai. Aku selalu tampil bagus di sana. Aku sudah menunggu momen untuk kembali ke Brno dan merasakan kembali sensasi bertarung di atas motorku, karena di Indianapolis aku tampil buruk," terang Pedrosa.
       
Rider yang sangat loyal dengan Repsol Honda itu mengaku uji coba sebelum jedah istirahat paruh musim membuatnya lebih pede. "Dan setingan yang kami temukan akan membantuku mendapatkan hasil terbaik," pungkasnya. (cak)


BRNO - Balapan di Sirkuit Masaryk, Brno musim 2012 tentu masih terekam kuat di ingatan Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha, dan Dani Pedrosa, Repsol Honda.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News