Basah-Kering Marquez Tetap Tercepat

Basah-Kering Marquez Tetap Tercepat
Marc Marquez. Foto: Getty Images

jpnn.com - BRNO - Dua sesi latihan hari pertama MotoGP seri Republik Ceko berlangsung dalam kondisi cuaca berbeda. Di sesi pertama yang berlangsung dalam kondisi cerah, Marc Marquez, Repsol Honda, tercepat dengan selisih waktu sangat tipis. Sesi sore, hujan yang mengguyur trek dan juara dunia 2013 itu tetap memimpin.

Hanya Iannone dan Hector Barbera, Avintia-Kawasaki yang mencetak waktu terbaik sebelum kondisi trek digenangi air hujan. Meski hujan lekas berhenti, namun trek tak cukup kering bagi rider lain untuk mengejar waktu keduanya.

Marquez sempat mendekati catatan waktu rider tercepat, tapi dengan 2 menit 7.846 selisihnya masih 4,6 detik. Meski demikian, Marquez adalah rider paling cepat di trek basah. Ini sekaligus membuktikan bahwa hujan tak berpengaruh pada performa rider 21 tahun itu.

Marquez unggul sangat tipis 0,002 detik dari rekan setimnya, Dani Pedrosa yang finis di urutan empat. Kemudian menyusul berturut-turut Valentino Rossi, Movistar Yamaha dan Cal Crutchlow, Ducati.

Crutchlow tampil bagus di trek basah dan lebih cepat dari jagoan Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo di posisi ketujuh. Juara dunia dua kali tersebut sempat menguntit catatan waktu Marquez di sesi latihan pagi dengan finis kedua.

Satu-satunya insiden terjadi di menit terakhir free practice kedua. Hector Barbera terjatuh sesaat sebelum mengakhiri lap terakhirnya. Sementara Iannone, yang tahun depan akan naik kasta ke tim utama Ducati, sempat nyasar ke gravel, tapi tetap mampu mengendalikan Desmosedici nya.

Dengan perakiraan cuaca dimana peluang hujan akan terus turun hingga akhir pekan ini, setiap rider memilih memanfaatkan waktu latihan kedua dengan ban basah daripada bertahan di pit. Secara keseluruhan, rata-rata pembalap menyelesaikan setidaknya 10 lap di sesi latihan basah. Jadi saat trek basah, daftar rider tercepat adalah Marquez, Pedrosa, Rossi, Crutchlow, dan Lorenzo.

Secara keseluruhan, Marquez mendominasi sesi latihan hari pertama di Brno kemarin (15/8). Selama 10 seri berlangsung, belum satupun lomba berlangsung dalam kondisi hujan, dimana rider Spaniard itu belum terbukti tangguh menaklukkan trek basah. Namun latihan kemarin justru mempertontonkan kemampuan Marquez mengatasi perubahan cuaca itu. (cak)


Berita Selanjutnya:
Arema Pilih Tidak Jumawa

BRNO - Dua sesi latihan hari pertama MotoGP seri Republik Ceko berlangsung dalam kondisi cuaca berbeda. Di sesi pertama yang berlangsung dalam kondisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News