Lepas Jabatan Parpol, Menteri tanpa Beban

Lepas Jabatan Parpol, Menteri tanpa Beban
Lepas Jabatan Parpol, Menteri tanpa Beban

jpnn.com - JAKARTA - Koordinator Relawan Matahari Indonesia M Izzul Muslimin berharap Kabinet yang akan disusun Joko Widodo-Jusuf Kalla, nantinya bisa mencerminkan semangat Revolusi Mental yang menjadi jargon kampanye Jokowi-JK.

Banyak orang yang memilih Jokowi JK karena berharap adanya perubahan mentalitas dalam pemerintahan baru nanti.

"Kalau soal program bisa saja tidak jauh berbeda, tetapi kinerja pemerintahan diharapkan mencerminkan semangat perubahan ke arah yang lebih positif," kata Izzul, Sabtu (16/8).

Karenanya, Izzul berharap kabinet bukan sekedar arena bagi-bagi kekuasaan, tetapi benar-benar mencerminkan harapan rakyat. Siapapun yang ditunjuk hendaknya memenuhi syarat dedikasi, integritas, kapasitas dan kapabilitas.

Izzul tidak mempersoalkan jika kabinet juga mengakomodasi unsur partai politik karena itu bagian dari keniscayaan parpol.

"Partai politik didirikan memang untuk mendapatkan kekuasaan, jadi wajar kalau kemenangan Jokowi-JK juga kemenangan partai pengusung," kata Izzul.

Namun, ia menambahkan, RMI juga mendukung agar mereka yang dipilih di kabinet seharusnya melepas posisi di partai, khususnya pada jabatan yang strategis.

Logikanya, orang yang tidak memiliki beban jabatan di parpol akan bisa lebih maksimal dalam bekerja di kabinet.

JAKARTA - Koordinator Relawan Matahari Indonesia M Izzul Muslimin berharap Kabinet yang akan disusun Joko Widodo-Jusuf Kalla, nantinya bisa mencerminkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News