Gelar Agustusan di Gunung Berapi

Gelar Agustusan di Gunung Berapi
BERKIBAR: Komunitas Seribu Cita Satu Indonesia memasang bendera merah putih di Lereng Gunung Merapi, kawasan Kaliadem, Cangkringan, Sleman, DIJ. Foto: Guntur Aga Tirtana/Jawa Pos Radar Jogja

jpnn.com - JAKARTA - Hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI  selalu meriah dengan berbagai acara peringatan yang unik dan spektakuler. Sebanyak 1.000 bendera Merah Putih berkibar di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Sabtu (16/8).

Pengibaran bendera Merah Putih yang tepat di atas ’’bungker’’ yang pernah tertimbun material vulkanis erupsi Gunung Merapi pada 2006 dan 2010 tersebut dilakukan komunitas Seribu Cinta untuk Indonesia sejak pagi hingga siang.

’’Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 Republik Indonesia sekaligus memupuk rasa cinta tanah air,’’ jelas Markus, koordinator aksi.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Jogja, dengan membawa ribuan tiang bambu, para sukarelawan komunitas Seribu Cinta untuk Indonesia itu memenuhi area yang masih terdapat banyak material vulkanis dan menancapkan tiang bambu.

Peringatan serupa dilakukan masyarakat di lereng Gunung Bromo dan Semeru. Dimotori personel Dandim 0820, sang saka Merah Putih dikibarkan di puncak B29 yang berketinggian 2.900 meter di atas permukaan laut (dpl).

Itu merupakan salah satu puncak tertinggi Semeru yang terletak di Dusun Pundak Lembu, Desa Ledok Ombo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo. Kegiatan tersebut juga diikuti kepala dinas pariwisata, Kapolsek Sumber, serta anggota pramuka se-Kecamatan Sumber.(jpnn)

 

JAKARTA - Hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI  selalu meriah dengan berbagai acara peringatan yang unik dan spektakuler. Sebanyak 1.000 bendera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News