Waspadai Gerakan ISIS Masuk di Wilayah Perbatasan

Waspadai Gerakan ISIS Masuk di Wilayah Perbatasan
Waspadai Gerakan ISIS Masuk di Wilayah Perbatasan

jpnn.com - BUMIAYU - Meski sejauh ini di Kabupaten Brebes belum terdeteksi adanya gerakan Islamic State in Iraq dan Syria (ISIS), tetapi kewaspadaan terhadap masuknya gerakan tersebut tetap disiagakan. Hal ini disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0713 Brebes, Letkol (Inf) Cahyadi Imam Suhada, terkait upaya menangkal masuknya gerakan radikal ISIS ke wilayah Kabupaten Brebes.

"Sejauh ini belum ada informasi adanya kegiatan terkait dengan gerakan ISIS. Tapi kami tetap waspadai, utamanya wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan luar daerah seperti halnya wilayah selatan," ungkap Dandim.

Menurut Dandim, mengingat wilayah selatan memiliki daerah dengan topografi pegunungan dan juga berdekatan dengan wilayah luar dalam hal ini Jawa Barat. Sehingga potensi masuknya ISIS perlu diwaspadai dan dipantau, jangan sampai kecolongan.

"Selain itu pantauan ke daerah sana juga kurang begitu intensif, sehingga dimungkinkan terjadi kerawanan. Tetapi kami bersama aparat Polri telah bekerjasama, untuk menyebarkan jaring-jaring guna memantau perkembangan ISIS di wilayah selatan," terangnya.

Dikatakan, bahaya ISIS lebih bahaya, sebab mereka tidak memandang agama apapun dan tidak sesuai dengan ajaran agama manapun baik Islam, Nasrani atau lainnya.

"Tidak sesuai dengan prikemanuasiaan. Sebagai upaya proteksi, kita sudah mengambil langkah-langkah prefentif ke jajarang koramil-koramil, untuk memberikan sosialisasi di sekolah-sekolah maupun masyarakat, bekerjasama dengan Polsek maupun Kecamatan," kata Cahyadi.

Ditambahkan, untuk sementara diperkirakan gerakan ISIS ini menyasar terutama kepada masyarakat yang minim wawasan maupun pengetahuannya. Sehingga mudah untuk dipengaruhi, agar diajak untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Sesuai dengan perintah dari panglima TNI, jika menemukan simbol terkait gerakan ISIS, tangkap dan proses," pungkasnya. (pri)


BUMIAYU - Meski sejauh ini di Kabupaten Brebes belum terdeteksi adanya gerakan Islamic State in Iraq dan Syria (ISIS), tetapi kewaspadaan terhadap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News