Bendera Naik Turun, Paskibra Menangis Histeris

Bendera Naik Turun, Paskibra Menangis Histeris
Bendera Naik Turun, Paskibra Menangis Histeris

jpnn.com - MEULABOH – Insiden bendera jatuh terjadi saat proses pengibaran bendera merah putih HUT RI di Lapangan Teuku Umar, Meulaboh, yang terjadi dua kali (2011 dan 2012), nyaris terulang saat upacara kemerdekaan RI ke-69.

Saat proses kenaikan bendera merah putih diiringi Indonesia Raya, tali malah terpuntir atau terlilit.

Alhasil, bendera yang seharusnya naik mulus ke puncak tiang, malah sempat dua kali naik – turun setinggi satu meter. Paskibraka berusaha sebanyak dua kali harus tarik turun bendera berupaya untuk melepaskan lilitan yang tersangkut.

Sampai akhirnya, bendera diputuskan naik berkibar di pucuk tiang dengan tali masih tersangkut.              
 
Ribuan mata yang menyaksikan pengibaran bendera merah putih yang terkendala itu, mengekspresikan raut kecewa.  Usai pengibaran bendera, Bupati Aceh Barat HT  Alaidinsyah yang tertindak sebagai Inspektur Upacara, menilai hal tersebut merupakan insiden biasa dan merupakan kesalahan teknis.

Walau demikian, upacara peringatan HUT RI ke-69 di Bumi Teuku Umar berlangsung hikmad meski tidak terlalu mulus sesuai rencana.

Perkiraan bupati, petugas Paskibra Aceh Barat terlihat gugub. Padahal dalam persiapkan dan latihan Paskibra terlihat berjalan mulus dan lancar. “Tapi pada hari H, bukan saja Paskibraka yang gugup, saya juga merasakan gugup,” akunya.
 
Kapolres Aceh Barat AKBP Faisal Rivai, menilai hal ini murni kesalahan teknis semata.

 “Tapi, peristiwa ini tetap menjadi catatan serta pembelajaran bagi Paskibra supaya tidak terulang lagi,” katanya.

Usai upacara kenaikan bendera, puluhan anggota Paskibra Aceh Barat berkumpul menjauh dari lapangan Teuku Umar. Spontan mereka menangis histeris, dampak dari tidak mulusnya prosesi kenaikan bendera merah putih tersebut.
 
Mereka menyesal atas terjadinya insiden naik turun bendera sebanyak dua kali itu, padahal kumandang lagu Indonesia Raya telah dilantunkan sebagai bentuk pengiringan proses kenaikan bendera merah putih.
 
Tahun 2011 dan 2012, insiden bendera sempat terjatuh pernah terjadi dalam proses pengibaran bendera merah putih di Lapangan Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat. (den)


MEULABOH – Insiden bendera jatuh terjadi saat proses pengibaran bendera merah putih HUT RI di Lapangan Teuku Umar, Meulaboh, yang terjadi dua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News