Ingin Sehat? Jangan Berbagi Produk Ini Dengan Siapapun

Ingin Sehat? Jangan Berbagi Produk Ini Dengan Siapapun
Ingin Sehat? Jangan Berbagi Produk Ini Dengan Siapapun

jpnn.com - KEBIASAAN berbagi makanan dan minuman dengan teman memang terkesan akrab. Namun, bila hal itu dilakukan dengan menggunakan peralatan makan dan minum yang sama secara bergantian, kebiasaan tersebut menjadi tidak sehat.

Sebab, peralatan makan dan minum, seperti piring, sendok, sumpit, gelas, dan sedotan yang sudah terpakai bisa tercemar air ludah yang mungkin mengandung virus atau kuman dan dapat menularkan berbagai penyakit seperti flu, tifus, TBC.

Selain itu ada beberapa produk kebersihan yang juga tidak seharusnya anda share/bagi dengan teman anda.

1. Sabun

Kebiasaan meminjam atau memakai peralatan mandi secara bergantian, seperti handuk, sabun, dan sikat gigi, ternyata juga rawan terhadap penularan penyakit. Handuk yang bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dan jamur, misalnya, bila dipakai secara bergantian bisa menularkan penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, dan gatal-gatal lainnya. Pemakaian sikat gigi secara bergantian, selain terkesan jorok, juga bisa menularkan penyakit berbahaya seperti tifus, hepatitis, bahkan HIV AIDS.

Dalam satu studi yang dilakukan pada tahun 2008 oleh University of Florida pemain sepak bola yang berbagi sabun lebih beresiko terkena infeksi berulang Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) atau suatu bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

2. Deodoran

Pemakaian deodoran tidak akan membunuh kuman dan bakteri namun hanya bersifat memperlambat anda berkeringat. Menurut Mayo Clinic, walaupun jika anda berbagi penggunaan deodorant dengan teman anda, hal itu tidak akan menimbulkan infeksi tapi anda dapat mentransfer sel-sel kulit dan partikel rambut.

KEBIASAAN berbagi makanan dan minuman dengan teman memang terkesan akrab. Namun, bila hal itu dilakukan dengan menggunakan peralatan makan dan minum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News