Buah Naga Andalan Sumbawa Barat

Buah Naga Andalan Sumbawa Barat
Buah Naga Andalan Sumbawa Barat
JAKARTA - Lirik lagu Koes Plus, ''...batu dan kayu jadi tanaman...'', ternyata nyaris terbukti sempurna di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), NTB. Betapa tidak, buah naga, yang konon berasal dari Afrika Selatan kemudian tersebar di Vietnam, kini tumbuh subur di daerah lingkar tambang PT. Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT). Tepatnya di sekitar area bekas Bandara Tropical, Desa Sekongkang Atas, Kecamatan Sekongkang, kurang lebih satu kilometer ke arah Selatan Townsite, komplek perumahan karyawan PT. NNT.

Buah naga yang biasa dijual di mall-mall dan dipercaya umum berkhasiat untuk pencernaan, mencegah kolesterol dan berbagai penyakit lainnya tumbuh subur dan sudah pernah dipanen oleh pemilik perkebunan buah naga Yuni White. Buah naga sudah ditanam sejak dua tahun lalu di areal seluas 1 hektare lebih.

''Kami sudah panen sekali, hasilnya sekitar 200 kilogram. Dalam satu kilogram ada dua buah, dan harganya per buah di pasar lokal mencapai Rp10 ribu. Pohon ini mulai berbuah pada tahun ketiga atau keempat, dan bisa produktif sampai umur 20 tahun,'' kata Yuni White saat dihubungi JPNN dari Jakarta, Jumat (9/1).

Di perkebunan itu juga ditanam melon, kelengkeng, pepaya, dan anggur. Selain itu, ada juga tanaman lidah buaya yang dikembangkan oleh PT. NNT untuk nantinya lebih banyak dipasarkan ke Bali.

JAKARTA - Lirik lagu Koes Plus, ''...batu dan kayu jadi tanaman...'', ternyata nyaris terbukti sempurna di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), NTB. Betapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News