Postur Kabinet Jokowi-JK Mulai Diungkap

Ada Kementerian Baru, Penggabungan, dan Pemecahan

Postur Kabinet Jokowi-JK Mulai Diungkap
Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tim Transisi Jokowi-Jusuf Kalla mulai menyentuh pembahasan lebih detail tentang desain struktur kabinet. Mereka bahkan sudah berencana merekomendasikan sejumlah penggabungan kementerian. Seperti Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dengan Kementerian Perhubungan serta Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Perindustrian.

Deputi Tim Transisi Akbar Faisal menuturkan, penggabungan kementerian itu murni berdasar pertimbangan efisiensi.

"Tapi yang tidak kalah penting, penggabungan itu juga merupakan upaya memudahkan dan meningkatkan koordinasi dalam program-program pembangunan," katanya.

Selain perampingan, tim bakal merekomendasikan pembentukan kementerian baru, yakni Kementerian Maritim. Pembahasannya dilakukan sangat mendalam. Bahkan, Jokowi dikabarkan sudah setuju.

"Dengan Kementerian Maritim, diharapkan pembangunan tol laut terealisasi dengan cepat," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengakui adanya rencana penggabungan Kementerian Perindustrian dengan Kementerian Perdagangan. Pertimbangannya adalah adanya kesamaan bidang garapan di dua kementerian tersebut.

Kementerian baru yang juga sudah disebut-sebut adalah Kementerian Kedaulatan Pangan. Meski namanya baru, lembaga tersebut sebenarnya merupakan skenario rencana peleburan sejumlah kementerian, yakni pertanian, perikanan, dan perkebunan.

"Bisa dilihat kan, ada keterkaitan antara kementerian dan bidang itu," jelasnya saat ditemui di rumah transisi kemarin.

JAKARTA - Tim Transisi Jokowi-Jusuf Kalla mulai menyentuh pembahasan lebih detail tentang desain struktur kabinet. Mereka bahkan sudah berencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News