Pijat Binatang Peliharaan: Sentuhan Langsung Perkuat Kedekatan

Pijat Binatang Peliharaan: Sentuhan Langsung Perkuat Kedekatan
Pijat Binatang Peliharaan: Sentuhan Langsung Perkuat Kedekatan

jpnn.com - Tidak untuk manusia saja, pijat atau spa juga dapat dilakukan pada binatang kesayangan. Banyak manfaat dari tindakan relaksasi tersebut. Pemilik dapat melakukannya sendiri di rumah.

* * *

PADA dasarnya, pijat pada binatang memiliki fungsi yang sama dengan pijat pada manusia. Yakni, melancarkan sirkulasi udara dan peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, fungsi organ-organ vital dalam tubuh binatang dapat bekerja optimal. Jika sudah begitu, kesehatan pun terjaga dengan baik.

Drh Harimoerti menyarankan kepada pemilik untuk memijat binatang peliharaannya secara rutin. Memang, ada beberapa salon hewan yang menyediakan fasilitas pijat dan spa, namun pemilik dapat melakukan hal tersebut sendiri di rumah. Manfaat positif lebih banyak. Dengan memijat sendiri tanpa bantuan alat, kedekatan antara pemilik dan peliharaan makin terjalin kuat. Sentuhan langsung dari pemilik dapat meningkatkan keterikatan emosi.

Dokter hewan yang membuka praktik di Surabaya Utara itu menjelaskan, tujuan pijat pada binatang tersebut beragam. Bergantung jenis binatang dan tujuan yang ingin dicapai. Hari memberikan contoh pijat pada binatang pacuan seperti kuda atau sapi. Pemijatan dilakukan pada seluruh anggota gerak. Kondisi itu bertujuan untuk relaksasi dan menghilangkan rasa pegal. ’’Pemijatan pada anggota gerak tubuh itu dapat menghilangkan penimbunan asam laktat setelah binatang tersebut mengikuti perlombaan atau beraktivitas,’’ kata dokter kelahiran Surabaya, 7 Maret 1968, tersebut.

Untuk binatang peliharaan seperti kelinci, kucing, dan anjing, tujuan pemijatan lebih pada relaksasi dan membangun kedekatan dengan pemilik. ’’Pemijatan bagian relaksasi biasanya ditujukan di daerah sekitar kepala sampai ke punggung dengan tekanan yang lembut. Seperti pemijatan pada bayi,’’ ungkap alumnus Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya itu.

Sebenarnya tidak ada pantangan melakukan pemijatan pada binatang. Kecuali, binatangnya sedang sakit atau terluka. Misalnya, keseleo, luka, dan patah tulang. Agar manfaat didapat, pemilik dapat memperhatikan kondisi binatang tersebut secara detail. Yang utama jangan memaksa. Pijat, jika tidak dilakukan dengan benar, malah dapat memperburuk kondisi binatang tersebut.

Menurut Hari, bagian tubuh yang boleh dipijat adalah bagian yang paling banyak mengandung otot. Di antaranya kaki dan punggung. Fungsinya, mengurangi timbunan asam laktat dan merangsang endorphin alias hormon pemicu rasa nyaman. Jadi, tidak ada salahnya mencobanya kan?(bri/c17/ayi)

Tidak untuk manusia saja, pijat atau spa juga dapat dilakukan pada binatang kesayangan. Banyak manfaat dari tindakan relaksasi tersebut. Pemilik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News