Website Pendaftaran CPNS Ngadat

Website Pendaftaran CPNS Ngadat
Website Pendaftaran CPNS Ngadat

jpnn.com - JAKARTA - Sepanjang hari kemarin, website pelayanan daftar CPNS 2014 online berkali-kali tidak bisa diakses. Panitia beralasan, lalu lintas pengakses sangat tinggi yakni mencapai 250 ribu per jam.

Seharusnya kendala tingginya traffic atau lalu lintas pengakses website panselnas.menpan.go.id ini bisa diantisipasi.

Apalagi panselnas dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) telah resmi melansir jadwal tes CPNS 2014 pada 4 Agustus lalu. Ini artinya pemerintah memiliki banyak waktu untuk menyiapkan infrastruktur pendaftaran online.
 
Menjelang petang kemarin, akses ke website satu-satunya untuk mendaftar CPNS 2014 mulai lancar. Ketika dicoba sudah bisa mengakses hingga rincian instansi-instansi yang menyediakan lowongan CPNS. Tetapi akses untuk melihat rincian formasi di masing-masing instansi hingga pengisian formulir pendaftaran belum bisa dilakukan.
 
Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB menuturkan, panitia sudah berupaya mengantisipasi tingginya akses ke website pendaftaran online tes CPNS. "Tapi memang traffic-nya luar biasa. Informasi dari tim IT panselnas, setiap jam pengakses mencapai 250 ribuan kali," katanya kemarin.
 
Menurut Herman sulitnya akses ke website pendaftaran pada hari pertama wajar. Sebab seluruh masyarakat Indonesia sedang giat-giatnya mencoba untuk mengaksesnya. Apakah itu mereka yang benar-benar ingin melamar CPNS, atau orang lain yang hanya sekedar pingin tahu.

Dia menegaskan tidak bisa membatasi yang boleh mengakses website itu hanya mereka yang ingin melamar CPNS saja.
 
Herman mengatakan hingga pukul 15.00 WIB kemarin, masih ada 9 instansi pusat yang sudah selesai dimasukkan data lowongan CPNS-nya ke website panselnas. Tetapi sekitar satu jam kemudian atau pukul 15.00 WIB, sudah ada 41 instansi yang telas masuk website panselnas.
 
"Seharian ini memang masih untuk instansi pusat. Sisanya di-upload bertahap," kata dia. Sedangkan akses lowongan CPNS baru untuk instansi daerah paling cepat hari ini bisa dilihat oleh masyarakat. Instansi daerah ini dikelompokkan berdasarkan nama pulau, untuk memudahkan pencari kerja.
 
Menurut Herman hambatan di hari pertama ini masih dalam kategori wajar. Sebab baru tahun ini, pendaftaran tes CPNS dilaksanan secara terpusat dan online. Sebelumnya pendaftaran tes CPNS digelar tersebar di masing-masing instansi.

Herman mengatakan sistem tes CPNS tahun ini dilakukan untuk menekan potensi kecurangan. Dia juga berharap masyarakat tidak terlalu khawatir, karena masa pendaftaran tes CPNS dibuka hingga 3 September nanti. (wan)


JAKARTA - Sepanjang hari kemarin, website pelayanan daftar CPNS 2014 online berkali-kali tidak bisa diakses. Panitia beralasan, lalu lintas pengakses


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News